Kategori
Berita

Qatar Ajak Negara-negara Kawasan Jalin Hubungan Harmonis dengan Iran

Qatar Menyeru Negara-negara di Kawasan Jalin Hubungan Harmonis dengan Iran

Qatar – Menteri Luar Negeri (Menlu) Qatar mengajak negara-negara di kawasan untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan Republik Islam Iran.

Berbicara dalam sebuah wawancara dengan Jaringan Berita Al-Jazeera pada Senin (16/11/2020), Mohammed bin Abdulrahman bin Jassim Al-Thani mengkritik tindakan yang dilakukan Arab Saudi dan beberapa negara Arab lain yang memblokade Qatar. Dalam kesempatan itu ia berterima kasih kepada Republik Islam Iran karena mendukung Doha saat berada dalam kondisi pengepungan dan mengajak negara-negara di kawasan untuk membangun koeksistensi dengan Republik Islam Iran.

Baca juga: Raja Salman Sebut Iran Sebagai Negara Sponsor Terorisme

Sejak awal, “Kami telah membuka pintu untuk dialog berdasarkan saling menghargai dan menghormati kedaulatan negara,” katanya dan menambahkan, “Krisis Teluk Persia tidak memiliki pemenang dan [hasilnya] lebih banyak ketidakstabilan di kawasan”.

Al-Thani melanjutkan dengan mengatakan bahwa Qatar tidak mengambil tindakan bermusuhan terhadap negara-negara yang melakukan blokade, dan menambahkan, “Kami berterima kasih dan menghargai Republik Islam Iran yang membuka wilayah udaranya ke Qatar di bawah blokade”.

“Kami mengupayakan dialog yang bermanfaat untuk menyelesaikan perbedaan yang terjadi di kawasan,” tambahnya.

Baca juga: Iran Balas Sebut Raja Salman Pembunuh Rakyat Yaman, Penyebar Wahhabisme

“Republik Islam Iran adalah bagian dari kawasan dan harus ada kesepakatan antara Iran dan Dewan Kerjasama Teluk Persia (PGCC) soal kehidupan yang damai,” kata Mohammed bin Abdulrahman bin Jassim Al-Thani, Menlu Qatar tersebut. (*)

Qatar Ajak Negara-negara Kawasan Jalin Hubungan Harmonis dengan Iran

Qatar Ajak Negara-negara Kawasan Jalin Hubungan Harmonis dengan Iran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *