Ragam Masakan Sehat di Masa Kenormalan Baru – Aspiratif News

Views: 13
Read Time:2 Minute, 56 Second

Ragam Masakan Sehat di Masa Kenormalan Baru – Aspiratif News

MASA kenormalan baru (new normal) sesungguhnya tidak menurunkan ancaman covid-19. Sebab itu, banyak ahli Mengingatkan agar masyarakat tidak cuma selalu menjaga kebersihan, tapi juga tetap menjaga imunitas tubuh dengan makanan bergizi.

Para ahli Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Eropa bahkan telah berkolaborasi dengan koki Portugis Nuno Queiroz Ribeiro untuk membikin resep makanan bergizi yang mudah dibuat di rumah dan tentu saja lezat. Sebagaimana dipertunjukkan di situs euro.who.int, mereka menghasilkan beberapa resep, di antaranya burger dengan patty sehat dan pasta dengan sayuran dan tuna.

Patty tersebut dikatakan sehat karena bukan dibuat dengan daging, melainkan tumisan jamur berempah yang lalu dihancurkan dan dibentuk seperti lapisan daging bundar yang biasa jadi isian burger. Tentunya agar dapat dibentuk jadi patty, tumisan jamur itu dibuat adonan dengan tambahan tepung dan kacang chickpea yang diblender. Kacang chickpea ini juga sebagai tambahan protein sehat.

Chef Ribeiro juga memberi panduan jika patty dimasak tanpa digoreng, melainkan dengan dipanggang sehingga meminimkan konsumsi minyak ke tubuh. Burger ini dapat disajikan berbarengan salad atau sekadar selada dan tomat.

READ  Ansarullah Yaman Mengakui Berbarengan-sama Iran Berperang Terbuka Melawan AS dan Israel - Aspiratif News

Menu mudah lainnya, yaitu pasta tumis (aglio olio) dengan sayuran dan tuna kaleng. Kiat untuk mengolah pasta, seperti spageti, hindari merebus keterlaluan lama untuk menjaga sifat gizi dan tekstur pasta. Begitu spageti matang, angkat dan dinginkan di bawah air mengalir agar tidak benyek, tiriskan, lalu siram dengan sedikit minyak, dan sisihkan untuk diolah dengan pelengkapnya.

Sementara itu, rebus brokoli dalam air mendidih selama 8 menit (atau 10 menit untuk brokoli beku), tiriskan dan sisihkan. Tumis bawang bombai, bawang putih, dan seledri selama 5-8 menit. Tambahkan thyme dan wortel kering, lalu masak selama 5 menit. Kemudian, tambahkan tomat dan tuna. Aduk saus dan biarkan memasak selama 10 menit lagi, cicipi dan sempurnakan rasa dengan bumbu dan rempahrempah, jika Penting. Tambahkan pasta dan brokoli ke dalam tumisan saus dan aduk merata.

WHO juga merekomendasikan untuk mengonsumsi minimal 400 gram (5 porsi) buah dan sayuran per hari. Jeruk, pisang, dan apel Ialah yang the best.  (Zuq/M-1)

 

READ  Kopri PMII Rembang Ingin Kadernya Eksis di Segala Bidang – Warta Batavia


Ragam Masakan Sehat di Masa Kenormalan Baru – Aspiratif News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *