Kategori
Berita

Raja Salman Sebut Iran Sebagai Negara Sponsor Terorisme

Raja Salman Menyerukan kepada Dunia untuk Akui Iran sebagai Negara Sponsor Terorisme

RIYADH – Orang nomor satu Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud menyerukan kepada dunia internasional agar mau mengakui Iran sebagai negara sponsor terorisme. Raja Salman mengatakan, komunitas internasional harus menyadari bahaya Iran dalam perannya mendukung terorisme, ekstremisme dan sektarianisme.

“Saudi menegaskan bahaya proyek regional oleh rezim Iran, dan kami menolak campur tangannya dalam urusan internal dan dukungannya untuk terorisme, ekstremisme dan sektarianisme,” kata Raja Salman saat menyampaikan pernyataan di Dewan Syura.

“Kami menyerukan kepada komunitas internasional untuk mengambil posisi yang kuat terhadap Iran untuk memastikan tidak memperoleh senjata pemusnah massal dan mengembangkan proyek rudal balistiknya,” lanjutnya.

Dalam pernyataannya tersebut, Raja Salman juga menyinggung masalah Yaman dan Palestina. Soal krisis di Yaman, pemimpin Arab Saudi itu mengutuk serangan lanjutan milisi Houthi, yang dia tegaskan sebagai pelanggaran hukum internasional terhadap Saudi.

Raja Salman lalu menyuarakan dukungan Saudi untuk rakyat Yaman, untuk merebut kembali kemerdekaan dan kedaulatan mereka dari Houthi.

Soal Palestina, Raja Salman mengatakan bahwa Saudi terus mendukung rakyat Palestina dan seruan mereka untuk sebuah negara merdeka dengan Yerusalem Timur sebagai Ibu Kotanya.

“Kami mendukung upaya perdamaian di Timur Tengah melalui negosiasi antara Palestina dan Israel untuk mencapai solusi yang adil dan permanen,” kata Raja Salman. (*)

Raja Salman Sebut Iran Sebagai Negara Sponsor Terorisme

Raja Salman Sebut Iran Sebagai Negara Sponsor Terorisme

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *