Rajab, Bulan Mulia Berkesempatan "Mremo"

Rajab, Bulan Mulia Berkesempatan "Mremo"

Diposting pada
Ilustrasi: istimewa

Oleh Miqdad Sya’roni

Aspiratif News – Bagian bulan yang dimuliakan di antaranya bulan Rajab, dimana pada bulan ini Kanjeng Nabi Muhammad SAW diajak berwisata atau diberangkatkan Isra’ dan Mi’raj untuk untuk berjumpa dengan Allah SWT. Bulan dimana diturunkan perintah Shalat bagi segenap ummat Nabi Muhammad SAW.

Bulan yang amat mulia, maka setidaknya kita ikut “mremo” melaksanakan aktifitas dan aktivitas yang bermaksud untuk mensukseskan menyemarakkan bulan Rajab tersebut. Banyak aktifitas dan aktivitas yang dapat dikerjakan, diantaranya dengan menjalankan puasa sunnah rajab, memperbanyak zikir shalawat dan melaksanakan amalan-amalan rojabiyah.

“Mremo” di bulan rajab tidak lain mempunyai maksud yang terang, yang paling penting berdasar dalam rangka mendekatkan diri untuk Allah SWT, mahabbah (menambah rasa cinta) untuk Kanjeng Nabi Muhammad SAW dan manusia ialah hamba yang bertugas untuk senantiasa menghamba dan memohon untuk Sang pemberi ijabah.

Bagian amalan di bulan rojab, harapannya memohon untuk Allah dengan washilah (perantara) doa para para Nabi Wali supaya ekonomi kuat, diberikan kelancaran rizki, dan  mengalir terus.

Amalan ini sebaiknya diamalkan di bulan  rajab dan sebelum melaksanakannya sebaiknya disertai dengan melaksanakan puasa sunnah selama 3 hari.

Adapaun cara mengamalkan wirid dibaca saban bakda Maghrib dan Subuh,

 يا الله يا فتاح يا رحمن يا رحيم يا رزاق يا جامع ١١١ x 

Ya Allah Ya Fattah Ya Rohman Ya Rohim Ya Rozaq Ya Jami’ ” dibaca 111x

Amalan ini disampaikan dalam majelis “Soko Jeporo”. Majelis rutin selapanan Seloso Kliwon di Dukuh Tawar Desa Karanggondang Mlonggo Jepara Jawa Tengah, untuk diamalkan secara umum. Para jama’ah Soko Jeporo pun telah terbiasa menjalankan amalan tersebut saban bulan Rajab Hadir.

Masih ada Peluang untuk menata hati dan niat untuk menyambut bulan yang mulia, yaitu bulan Rajab. Lebih lebih sebelum kita “mremo”, bersihkan hati, jiwa dan pikiran kita supaya kita jadi hamba yang terus berusaha untuk menaikkan skala prioritas keimanan dan ketakwaan kita untuk Allah SWT.

Semoga kita berkesempatan dan berjumpa dengan bulan rajab, sehingga keberkahan dan keridhoan senantiasa mengalir dalam jiwa kita untuk senantiasa bersemangat dan giat untuk terus meningkat patuh untuk Allah Rasulullah sehingga diberikan selamat dunia dan akhirat. Amin. [Aspiratif News/gg]

Miqdad Sya’roni, jema’ah Soko Jeporo.


Rajab, Bulan Mulia Berkesempatan "Mremo"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *