Connect with us

Otomotif

Rangkuman Mobil Listrik yang Meluncur Ke Pasar Indonesia Semasa 2023

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com -Tahun 2023 menjadi tahun masuknya berbagai kendaraan elektrifikasi di industri otomotif tanah air, baik yang masih berlabel hybrid maupun elektrik penuh.

Kendaraan yang memiliki 0 emisi ini, kehadirannya cukup masif pada tahun 2023. Tidak hanya itu, sambutan masyarakat juga sungguh positif dengan hadirnya kendaraan elektrik ini.

Melansir dari ANTARA, mencoba merangkum berbagai kendaraan listrik yang masuk atau meluncur ke pasar Indonesia.

Mercedes Benz
Pabrikan asal Jerman, sangat aktif untuk menghadirkan kendaraan elektrik kelas premium di pasar otomotif Indonesia. Hingga akhir 2023 Mercedes Benz setidaknya meluncurkan berbagai macam kendaraan seperti EQS SUV, Mercedes-Benz EQS Edition 1, Mercedes-Benz EQA dan juga Mercedes-Benz EQB yang memiliki harga rata-rata di atas Rp 1 miliar.

Advertisement

Citroen eC3
Pabrikan asal Prancis juga tidak mau kalah untuk menghadirkan kendaraan elektrik mereka, meski terbilang baru muncul kembali ke pasar Indonesia. Citroen membawa eC3 ini dengan berbekal baterai lithium-ion berkapasitas 29,2 kWh.

Mobil SUV asal Prancis ini, memiliki kemampuan pengecasan cepat yakni hanya kurang lebih 50 menit untuk baterai 10 persen ke 80 persen. Dengan baterai penuh, mobil ini sanggup menjelajah hingga 320 km.

Kia EV6 GT
Pabrikan otomotif Korea Selatan, pada tahun 2023 juga aktif untuk menghadirkan kendaraan elektrik melalui EV6 GT. Kendaraan elektrik ini dibekali dengan Dual Motor dengan sistem penggerak roda All Wheel Drive (AWD).

Mobil ini sanggup menghasilkan tenaga hingga 577 tk dan torsi maksimum 700 Nm. Kia EV6 GT mampu berakselerasi dari 0-100 kilometer per jam hanya dalam waktu 3,5 detik.

Kia EV9 GT-Line
Mobil yang diperkenalkan pada ajang GIIAS 2023 ini, dibekali dengan baterai lithium-ion berkapasitas 99l8 kWh. Untuk itu, tidak heran jika mobil ini sanggup menempuh jarak hingga 498 km dengan tenaga yang sanggup dimuntahkan sebesar 378 tk dan torsi 700 Nm.

Advertisement

Hyundai Ioniq 5 Bluelink
Kendaraan elektrik dari Hyundai ini, merupakan sebuah tampilan baru yang sudah ada pada sebelumnya. Pada tahun ini, mereka memberikan sentuhan teknologi barunya melalui fitur Bluelink.

See also  Harga Emas Antam Kamis Ini

Sehingga, mobil listrik ini hadir dengan lebih canggih dan juga memberikan kemudahan kepada pemiliknya melalui bantuan aplikasi yang sudah tertanam pada mobil listrik tersebut.

Hyundai Ioniq6
Setelah sukses menghadirkan Ioniq 5 di Indonesia, Hyundai seolah terus tancap gas untuk menghadirkan berbagai kendaraan elektrik terbaru mereka melalui Ioniq 6 yang lebih gahar.

Ioniq6 ini memiliki baterai yang berkapasitas 77,4 kWh dengan jarak tempuh yang bisa dicapai hingga 519 km. Tenaga yang dimuntahkan juga tidak tanggung-tanggung, kendaraan sanggup memuntahkan tenaga hingga 320 tk dengan torsi mencapai 650 Nm.

Volvo C40 Recharge
Pabrikan yang baru bangkit lagi di Indonesia ini, langsung tancap gas dengan menghadirkan kendaraan elektrik mereka yakni C40 Recharge. Kendaraan elektrik ini digadang memiliki daya jangkau hingga 500 km.

Advertisement

Volvo C40 Recharge ini dibekali dengan baterai berkapasitas 78 kWh yang sanggup memuntahkan tenaga hingga 408 tk dengan torsi tercatat sebesar 670 Nm.

Maxus Mifa9
Pabrikan asal China, Maxus hadir ke pasar otomotif Indonesia dengan berbekal kendaraan MPV premium berteknologi elektrik. Mobil MPV yang mengisi kekosongan di ranah elektrifikasi penuh ini hadir dengan daya jangkau sejauh 560 km dengan baterai kapasitas penuh.

Mobil ini juga menggunakan baterai lithium-ion dengan kapasitas 90 kWh. Mobil MPV ini hadir dengan menyuguhkan tingkat kenyamanan yang tidak tertandingi.

Neta V
Masih dari pabrikan otomotif asal China, Neta membawa berbagai macam kendaraan elektrik mereka untuk pasar Indonesia kedepannya. Yang pertama, mereka membawa Neta V untuk tahun ini.

Neta V hadir dengan baterai yang berkapasitas 38,5 kWh. Sehingga, tidak heran jika mobil listrik ini dapat menempuh jarak hingga 401 km dengan motor listrik yang memiliki daya 50 kW.

Advertisement

Wuling Air Ev Lite
Wuling Air Ev sejatinya bukanlah barang baru untuk konsumen elektrik di Indonesia, meski begitu Wuling terus memberikan penyegaran terhadap kendaraan mungil miliknya.

See also  Wamenkominfo: Tambah Wawasan Literasi Medsos Agar Tetap Produktif

Pada tahun ini dengan memanfaatkan ajang pameran motor show di Indonesia, Wuling memangkas beberapa fitur unggulan guna menyuguhkan harga yang terjangkau untuk konsumennya.

Wuling Binguo Ev
Menjelang akhir tahun, WUling menghadirkan sebuah kendaraan elektrik terbaru mereka yang memiliki ukuran cukup kompak, yakni Binguo Ev untuk konsumen otomotif Indonesia.

Binguo Ev ini hadir dengan dua varian yang berbeda yakni Longe Range dan juga Premium Range. Untuk masing-masing varian ini dibedakan adalah jarak tempuh, Long Range dapat menempuh jarak hingga 333km dan Premium Range dapat menempuh hingga 410 km.

Seres E1
Masih dari pabrikan otomotif asal China, Seres membawa kendaraan elektrik mereka untuk pasar Indonesia melalui Seres E1 yang siap emandignin WUlign Air Ev. memiliki dimensi yang cukup mirip dengan WUling Air Ev, Seres E1 dibekali dengan baterai Lithium iron Phosphate yang sudah memenuhi IP67.

Advertisement

Mobil mungil ini diklaim mampu menempuh jarak hingga 180 km sekali pengisian dengan kondisi baterai terisi 100 persen.

Lexus RZ 450e
Jenama mewah untuk brand Toyota ini, membawa RZ 450e sebagai misi mereka yang nantinya hanya menghadirkan kendaraan elektrik pada tahun 2025 mendatang.

Lexus membekali kendaraan ini dengan baterai yang cukup besar, yakni 71,4 kWh dengan jarak yang sanggup ditempuh oleh kendaraan ini hingga 400 km.

Source: antaranews
Dok: Rear-wheel drive, more range and faster charging for fully electric Volvo C40 and XC40 models (ANTARA/Volvo)

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *