Connect with us

Sport

Rekap Hari Pertama Australian Open 2023: Nadal Lolos, Petenis Cina Shang Juncheng Bikin Kejutan

Published

on

Australian Open 2023

Turnamen tenis grand slam Australian Open 2023 sudah dimulai Senin, 16 Januari. Hari pertama bisa dilewati dengan mulus oleh juara bertahan bagian putra, Rafael Nadal.

Petenis Spanyol itu upayanya dalam mempertahankan gelar Australian Open 2023 dengan kemenangan empat set atas Jack Draper dari Inggris.

Pemain berusia 36 tahun itu harus bekerja keras untuk mengalahkan Draper, 21 tahun. Juara Grand Slam 22 itu kali itu juga harus melawan cuaca terik di Melbourne Park. Namun, ia dapat bangkit dari keterpurukan di set kedua untuk mengalahkan petenis Inggris peringkat 38 dunia itu 7-5, 2-6, 6-4, 6-1 di Rod Laver Arena.

Nadal, yang kini adalah seorang ayah, selanjutnya akan menghadapi petenis Amerika Serikat Mackenzie McDonald di putaran kedua Australian Open 2023.

Advertisement

“Sangat menyenangkan, awal baru, sangat senang bisa kembali ke Rod Laver dengan kemenangan yang saya butuhkan,” katanya setelah mengalahkan Draper seperti dikutip AFP.

“Beberapa bulan terakhir tidak mudah bagi saya… ini awal yang sangat positif.”

Shang Juncheng Bikin Kejutan

Pemenang lain dalam undian tunggal putra pada Senin termasuk petenis remaja Cina Shang Juncheng, yang masih berusia 17 tahun.

Skor Shang Juncheng

Shang Juncheng menang 6-2, 6-4, 6-7 (2-7), 7-5 atas petenis Jerman Oscar Otte. Ia menjadi petenis tunggal putra Cina pertama yang mampu mencatatkan kemenangan pada babak utama Australian Open.

Shang berikutnya akan berhadapan dengan petenis AS unggulan ke-16 Frances Tiafoe.

Advertisement

Pemenang laga putaran pertama lainnya termasuk unggulan ke-18 Karen Khachanov, unggulan ke-10 Hubert Hurkacz dan unggulan ke-15 dari Italia Jannik Sinner. Tapi unggulan ke-21 Borna Coric kalah dari pemain Ceko Jiri Lehecka dengan straight set.

See also  PP PBSI Targetkan Gregoria Jadi Juara Atlet Tunggal Putri

Pada kelompok putri, Jessica Pegula yang sedang dalam performa terbaiknya dan Coco Gauff juga memenangi laga hari pertama Grand Slam pembuka tahun ini.

Pegula mengalahkan petenis Rumania peringkat 161 Jaqueline Cristian di Margaret Court Arena 6-0, 6-1 dalam pertandingan selama 59 menit.

Rekan senegaranya dari Amerika Gauff sama-sama eksplosif saat melaju ke putaran kedua dengan mengalahkan petenis Ceko Katerina Siniakova 6-1, 6-4 di Rod Laver Arena.

Tentang Gauff & Raducanu

Gauff menuju Melbourne dengan semangat tinggi setelah memenangkan gelar WTA ketiganya di Auckland Klasik, sementara Pegula didorong oleh kekalahan atas petenis nomor satu dunia Iga Swiatek di United Cup.

Advertisement

Gauff yang berusia 18 tahun akan menghadapi pertemuan dinantikan melawan mantan juara US Open Emma Raducanu, yang mengalahkan Tamara Korpatsch 6-3, 6-2, hampir 10 hari setelah petenis Inggris itu tersingkir dari event Auckland dengan air mata karena cedera pergelangan kaki.

Ini akan menjadi pertemuan pertama antara Gauff dan Raducanu yang berusia 20 tahun, dua bintang tenis putri yang sedang naik daun.

“Saya sangat menantikan pertandingan ini,” kata Raducanu. “Saya sangat siap untuk itu. Coco jelas telah melakukan banyak hal hebat dan dia bermain bagus.”

“Menurut saya kami sama-sama bagus, pemain muda, kami berdua datang benar-benar sebagai bagian dari generasi tenis berikutnya – ini akan menjadi pertandingan yang hebat.”

Petenis putri lainnya yang juga lolos dengan aman adalah petenis AS finalis tahun lalu Danielle Collins. Dia mengalahkan Anna Kalinskaya 7-5, 5-7, 6-4.

Advertisement

Unggulan keenam asal Yunani Maria Sakkari juga menang.

Sementara itu dua unggulan tersingkir pada putaran pertama, yakni unggulan ke-25 dari Ceko Marie Bouzkova dan unggulan ke-28 dari AS Amanda Anisimova.

See also  PBSI Umumkan Daftar Pemain Pebulu Tangkis Kejuaraan Beregu Campuran

Unggulan teratas Swiatek akan memulai upayanya untuk meraih gelar pertama di Melbourne Park pada Senin malam melawan petenis Jerman Jule Niemeier.

Medvedev dan Tsitsipas Juga Lolos

Petenis Rusia Daniil Medvedev dan wakil Yunani Stefanos Tsitsipas sukses menaklukkan lawan-lawannya, untuk menyusul juara bertahan Australian Open Rafael Nadal melaju ke putaran kedua, Senin.

Skor Medvedev dan Tsitsipas

Medvedev yang berstatus runner up sebanyak dua kali menang tiga set langsung atas Marcos Giron asal AS, dengan skor 6-0, 6-1, 6-2. Sementara itu, Tsitsipas mengungguli petenis Prancis Quentin Halys dengan skor 6-3, 6-4, 7-6 (8-6).

Advertisement

“Terdapat kenangan-kenangan indah pada tahun lalu, namun saya ingin yang lebih baik lagi pada tahun ini,” kata Medvedev seperti dilansir laman resmi Australian Open.

Medvedev hanya kalah sebanyak tiga gim saat melawan Giron. Itu merupakan kekalahan gim paling sedikit yang pernah dicatatkannya sepanjang mengikuti ajang Grand Slam.

Pada pertandingan putaran kedua, Medvedev yang menduduki posisi kesembilan dalam daftar peringkat dunia akan berhadapan dengan petenis Australia John Millman.

Saat Medvedev melewati putaran pertama dengan relatif ringan, Tsitsipas harus berjuang lebih keras untuk mengatasi perlawanan Halys.

“Permainannya begitu menantang, ia tampil baik pada set ketiga, saya sedikit kehilangan irama ketika melakukan serve. Maka saya harus menemukan cara untuk keluar dari situasi sulit. Menurut saya, semangat juang saya terlihat menjelang akhir, saya tidak akan menyerah,” tegas Tsitsipas, yang akan ditantang petenis Australia Rinky Hijikata pada putaran selanjutnya.

Advertisement

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, Nadal telah terlebih dahulu memastikan langkah ke putaran kedua berkat kemenangan 7-5, 2-6, 6-4, 6-1 atas Jack Draper.

See also  Timnas Bulu Tangkis Indonesia Sabet Tujuh Medali di Kejuaraan Fazza Dubai

Kyrgios Mundur

Nadal masih bertanding ketika Nick Kyrgios, petenis temperamental Australia, mengadakan konferensi pers mendadak untuk mengumumkan bahwa dia absen karena cedera lutut.

“Saya sangat terpukul, jelas,” kata finalis Wimbledon, yang dijagokan untuk memenangkan mahkota Grand Slam perdananya.

Australian Open tahun ini juga telah kehilangan beberapa pemain bintang sebelum dimulai.

Petenis putra peringkat satu dunia Carlos Alcaraz yang cedera dan juara Melbourne dua kali Naomi Osaka — yang sedang mengandung anak pertamanya — adalah di antara pemain papan atas lainnya yang absen.

Advertisement

Juara Australia Terbuka sembilan kali Novak Djokovic, yang ditahan dan dideportasi menjelang turnamen tahun lalu setelah menolak divaksinasi COVID, akan memulai laga pada Selasa.

 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *