resmikan-bendungan-sindang-helua-jokowi-bermanfaat-terhadap-1-200-hektare-sawah-na0CGEJe0W.jpg

Resmikan Bendungan Sindang Helua, Jokowi: Bermanfaat Terhadap 1.200 Hektare Sawah

Diposting pada

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan bendungan Sindang Heula yang terletak di Kecamatan Pabuaran, Serang, Banten pada Kamis (4/3/2021). Bendungan ini dibangun pada 2015 dan kini siap dioperasikan.

“Alhamdulillah, saat ini Bendungan Sindang Heula yang dibangun pada 2015 sudah selesai dibangun dan siap dioperasikan,” kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan bendungan ini akan meningkatkan produktivitas pertanian. Pasalnya, kapasitas bendungan tersebut 9,3 juta meter kubik.

“Dengan kapasitas 9,3 juta meter kubik, bendungan ini akan memberikan manfaat irigasi bagi 1.280 hektar (ha) sawah di Provinsi Serang dan Banten pada umumnya,” ujarnya.

Dengan manfaat yang sangat besar, Jokowi berharap bendungan ini mampu memberikan nilai tambah yang besar bagi para petani Banten dalam menjamin ketersediaan air. Akibatnya produktivitas akan meningkat dan mampu menjaga ketahanan pangan.

Jokowi melanjutkan, Bendungan Sindang Heula menyediakan air baku untuk pengembangan industri di Kabupaten Serang, Kota Serang, dan Kota Cilegon. Dan bendungan ini mampu mengalirkan air baku hingga 0,80 meter kubik per detik.

Baca Juga :  Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 Kapan Dibuka? Ini Bocorannya

“Setengahnya mulai dipakai provinsi, 0,40 meter kubik per detik,” ujarnya.

Ia menambahkan, bendungan ini juga bermanfaat untuk pengendalian banjir dengan mereduksi banjir hingga 50 meter kubik per detik dari luapan sungai Ciujung dan Cidurian.

“Bendungan ini juga berfungsi untuk menghasilkan listrik, bisa menghasilkan 0,40 megawatt. Provinsi Banten juga bisa menggunakannya nanti dan kita tidak mau bergantung pada energi fosil karena nanti akan ada pembangkit listrik tenaga air,” kata Jokowi.[okezone.com]

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *