b4d9e185-d16b-47e6-8cdb-72d1808af26d_169.jpg

RI Sumber Terbesar Tuna Dunia, Di Sini Lokasinya

Diposting pada

Indonesia merupakan salah satu sumber tuna dunia. Lokasi tepatnya berada di wilayah Laut Banda yang masuk dalam peta 11 daerah penangkapan ikan di Indonesia.

Kepala Badan Penelitian dan Sumber Daya Manusia (BRSDM) KKP, Sjarief Widjaja, mengatakan 11 wilayah perikanan sudah terdaftar di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Sulawesi, Maluku punya lautan yang tenang, laut dalam, sumber tuna terbesar di dunia, di Laut Banda, ini peluang,” kata Sjarief di Rapat Kerja Nasional Hipmi 2021, Sabtu. (6) / 3/2021).

Secara nasional, nilai seafood dalam negeri sekitar 12,45 juta ton per tahun dan mampu menghasilkan ratusan triliun rupiah.

“Kalau dikalikan dengan harga Rp 30.000 per kg, bisa dibayangkan berapa yang kita dapat, hampir Rp 370 triliun bisa kita dapat,” kata Sjarief.

Untuk memanfaatkan potensi tersebut, KKP terus mengakselerasi transformasi digital. Dimana setiap aktivitas laut mengadopsi teknologi digital. Tak hanya itu, penangkapan ikan di laut juga menjadi pilar penerimaan negara bukan pajak.

Misalnya dari penangkapan ikan, potensi penerimaan negara bisa mencapai Rp220 triliun, namun yang masuk ke kas negara hanya Rp 600 miliar.

Baca Juga :  Presiden Tunjuk Menko Airlangga Jadi Ketua Harian Dewan Nasional Keuangan Inklusif

“Jadi kita dorong PNBP dari Rp 600 miliar menjadi Rp 12 triliun mulai tahun ini,” kata Sjarief.[detik.com]

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *