mahfud-dan-hotman-nih4-696x391.jpg

Rizieq Menghina Martabat Peradilan, Mahfud MD Buka Suara

Diposting pada

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud berbicara tentang Rizieq Shihab yang diyakini menghina persidangan kejaksaan (JPU).

Mahfud menegaskan, pemerintah pada dasarnya tidak bisa mengomentari sidang Rizieq. Karena sudah menjadi yurisdiksi yang tidak bisa diikuti.

Lebih lanjut, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi tersebut menilai bahwa hakim memiliki kewenangan penuh untuk memerintahkan tersangka dan hal-hal lainnya selama persidangan berlangsung.

“Sidang sudah meninggalkan ranah pemerintah ya. Ini hakim, hakim punya kewenangan untuk memerintahkan apa saja, jadi pejabat pemerintah seperti polisi dan kejaksaan akan melaksanakannya. Mereka sudah ada di sana, aturan mainnya. kata dia usai minum kopi bersama kuasa hukum kondang Hotman Paris di Johny Coffee, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (20/3/2021).

Mahfud mengatakan, hakim juga bisa lebih tegas dalam mendakwa tersangka di pengadilan. Namun, ia menegaskan, pada dasarnya sudah menjadi tugas hakim bahwa pemerintah tidak boleh turun tangan.

“Ya, dalam kasus itu (hakim bisa lebih keras). Tapi itu urusan hakim, saya mengerti. Pemerintah saya tidak bisa” eh hakim harus seperti itu “, itu tidak mungkin. Saya dengar kemarin” Politik, hukum dan keamanan Urusan Pak Mahfud membenarkan “Saya dengar viral, tapi saya tahu saya bukan hakim. Saya tidak bisa membiarkan hakim seperti itu, dia harus begitu, saya tidak bisa,” jelasnya.

Baca Juga :  Tanggapi Sikap AS terhadap Ansarullah Yaman, Menlu Iran Sebut Rezim Trump Anti-Kemanusiaan

Seperti diketahui, dalam persidangan atas dugaan pelanggaran protokol kesehatan, jaksa meminta Rizieq didakwa dengan pasal 216 KUHP karena dianggap telah menghina peradilan.

Perbuatan Rizieq dinilai menyinggung peradilan, seperti keluar dari pengadilan tanpa persetujuan hakim, mengikuti persidangan tetap, dan lain sebagainya. Persidangan berlangsung secara virtual sementara Habib Rizieq tidak menginginkannya.

(Warta Batavia)

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *