Connect with us

Politik

Satpol PP Sulawesi Tengah Tingkatkan Peran dan Fungsi Guna Antisipasi Terjadi Tindak Kejahatan

Published

on

PALU, ASPIRATIF.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Sulawesi Tengah berupaya meningkatkan peran dan fungsinya guna mencegah dan mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan di lingkungan masyarakat yang dapat mengganggu ketertiban dan ketentraman umum.

“Sulawesi Tengah saat ini dihadapkan pada tantangan keamanan sehingga pencegahan tindak kejahatan perlu dihadapi bersama,” kata Kepala Satpol PP Sulteng, Mohammad Nizam, di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis.

Ia mengatakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi tindakan kejahatan dan dapat mengganggu ketertiban dan ketentraman masyarakat, yaitu ketimpangan sosial dan ekonomi tinggi dapat menciptakan ketidakpuasan, serta ketidakadilan dalam masyarakat.

Selain itu, kata dia, kurangnya pendidikan dapat mempengaruhi pemahaman individu tentang nilai-nilai yang baik dan norma sosial. Ketidakstabilan ekonomi dan tingkat pengangguran yang tinggi serta kurangnya kesempatan kerja dapat memicu tindakan kejahatan.

Advertisement

“Faktor-faktor lain seperti kurangnya pengawasan, kekerasan dalam keluarga dan peran orang tua yang tidak efektif dapat berkontribusi pada perilaku anti-sosial pada individu,” katanya.

Ia juga menuturkan penggunaan media sosial secara tidak bijak juga menjadi salah satu faktor pemicu yang mengganggu ketertiban dan ketentraman masyarakat.

Maka dari itu, pihaknya telah mengadakan rapat kerja sama antar lembaga dan kemitraan dalam teknik pencegahan kejahatan di Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2024 pada Rabu (21/6).

Dia menjelaskan kegiatan tersebut bertujuan melaksanakan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 26/2020 tentang penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat, meningkatkan peran dan fungsi Satpol PP untuk mencegah dan mengantisipasi terhadap tindakan kejahatan yang ada di lingkungan masyarakat yang mengganggu ketertiban dan ketentraman umum bagi masyarakat.

Source: Antaranews
Dok : ilustrasi satpol PP (Foto:beritamanado)

Advertisement

See also  Sinopsis Drama Korea Duty After School, Kisah Siswa SMA Melawan Alien
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *