luhut_169.jpeg

Sederet Investasi Arab Masuk RI Diteken Luhut Hari Ini, Apa Saja?

Diposting pada

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan hari ini menggelar forum bisnis dengan Menteri Energi dan Infrastruktur Uni Emirat Arab (UEA) Suhail Al-Mazrouie.

Dalam forum tersebut, Luhut menyampaikan bahwa Indonesia dan UEA telah menandatangani beberapa perjanjian kerja sama perdagangan. Salah satunya kerjasama pariwisata di Provinsi Aceh.

Luhut menjelaskan, pemerintah UEA ingin menjadikan beberapa pulau di Aceh sebagai tujuan wisata utama masyarakat UEA.

“Kami sudah menandatangani letter of intent antara UEA dan Gubernur Aceh. Mereka menuntut beberapa pulau menjadi destinasi wisata di sana,” kata Luhut dalam jumpa pers yang digelar Jumat di Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat. 5/3/2021)).

Luhut menjelaskan, selain penandatanganan kerja sama pariwisata, banyak perjanjian kerja sama perdagangan lainnya yang telah ditandatangani hari ini. Beberapa di antaranya adalah proyek strategis, misalnya joint venture antara Uni Emirat Arab Dubai Port World (DP World) dan PT Maspion dari Indonesia.

Komitmen investasi dari kerjasama pelabuhan ini mencapai $ 1,2 miliar atau sekitar Rp. 16,8 triliun (kurs Rp14.000).

Baca Juga :  China-India Setuju Hentikan Pengiriman prajurit ke Tapal batas Himalaya

“DP World juga sudah ditandatangani Pak Suhail. Ini akan meminimalisir biaya dengan masuk ke Indonesia dan bermitra dengan Maspion. Nanti, biaya di pelabuhan turun puluhan persen,” kata Luhut.

“DP World memiliki jaringan dan teknologi yang bagus. Sebelumnya angkanya sekitar $ 1,2 miliar, “katanya.

Selain itu Indonesia juga telah menandatangani kerjasama untuk revitalisasi mangrove, Luhut menjelaskan Indonesia ingin merevitalisasi 620.000 hektar lahan mangrove.

Selain itu, terdapat pula kesepakatan kerja sama pertahanan antara Pindad dengan perusahaan UEA Caracal. Kemudian perjanjian kerjasama antara Pertamina dan ADNOC. Terakhir, ada juga persewaan dari toko serba ada Lulu. [detik.com]

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *