Sengketa Lahan Sirkuti Mandalika, Legislator : Penting Musyawarah – Aspiratif News

Sengketa Lahan Sirkuti Mandalika, Legislator : Penting Musyawarah - Warta Batavia
Views: 1304
Read Time:2 Minute, 39 Second

Sengketa Lahan Sirkuti Mandalika, Legislator : Penting Musyawarah – Aspiratif News

ANGGOTA DPR RI Syansul Luthfi menyokong adanya musyawarah untuk menuntaskan sengketa lahan sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, yang akan dipakai sebagai arena balapan MotoGP muliai tahun yang akan datang.

Menurut legislator asal Fraksi NasDem itu, PT. Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang mengembangkan sirkuti itu, dapat melakukan verifikasi ke tanah masarakat di lahan sirkuit untuk cepat menuntaskan sengketa yang terjadi.

“Penyelesaian Perkara ini sesungguhnya amat gampang jikalau sungguh ITDC serius. Verifikasi saja data tanah masarakat lalu bayar tanah yang sudah terverifikasi. Bukan bahkan gembar gembor mengakui tanah masarakat tapi tidak bernyali sandingkan data,” tegasnya dalam Penjelasan legal, Selasa (21/7). 

Legislator asal Lombok, NTB itu meminta penyelesaikan sengketa itu mempergunakan pola pendekatan sosial, dan menghindari pola pendekatan kekuasaan. Dengan begitu sengkarut lahan yang sudah berlangsung lama ini dapat cepat dituntaskan. 

Baca juga : Tanah Adat Sunda Wiwitan Terganjal Legalitas

READ  Jerusalem Post: keinginan Israel agar Iran Ditindak Dewan Keamanan Telah Pupus - Aspiratif News

“Karakter masarakat kita itu tidak pernah mau mengaku-ngaku jikalau bukan haknya lagi. Buktinya 1.035 hektare yang sudah dibebaskan tidak pernah ada yang ngaku-ngaku lagi sebagai pemilik lahan,” ujarnya.

Syamsul menyokong musyawarah jadi jalan Utama untuk menyelesaikannya. “Presiden Joko Widodo sudah memberikan contoh beberapa kali soal cara penyelesaian lahan, ITDC seharusnya ikut pola itu. Jikalau serius, 1 minggu saja problem ini pasti selesai. Gampang sekali karena semua sudah jelas,” tutupnya. 

Dalam Lawatan ke NTB, Selasa (21/7) Wakil Kepala Polri Komjen Gatot Eddy Pramono meminta Kapolda NTB Irjen M. Iqbal dan pemerintah setempat cepat menuntaskan problem itu.

“Saya minta Pak Kapolda, bantu semaksimal mungkin Pak Gubernur supaya MotoGP tahun yang akan datang dapat Ditunaikan. Kapolres Lombok Tengah juga, tolong ya,” pungkasnya. (OL-7)


Sengketa Lahan Sirkuti Mandalika, Legislator : Penting Musyawarah – Aspiratif News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *