Connect with us

News

Sepeda Motor Listrik Untuk Perkotaan Resmi Dirilis Oleh BMW

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com – BMW resmi rilis sepeda motor listrik ringan futuristik yang dikenal dengan CE 02.

Dilaporkan Electrek pada Sabtu (8/7), BMW menyebut CE 02 dirancang untuk menarik kaum muda, sekaligus menegaskan ini bukan e-motor atau e-skuter, melainkan adalah eParkourer yang dibuat untuk lingkungan perkotaan.

Namun demikian, meski menyebut CE 02 sebagai eParkourer, tetapi yang terlihat adalah sepeda motor listrik ringan.

Dengan kecepatan tertinggi 59 mph (95 km/jam), di mana hal tersebut cukup cepat untuk hampir semua kebutuhan berkendara perkotaan atau pinggiran kota.

Advertisement

Kendaraan ini dibanderol dengan harga 7.599 dolar AS atau sekitar Rp115 juta.

CE 02 merupakan sepeda motor listrik BMW dengan harga terendah hingga saat ini, termasuk mendapatkan dukungan dari BMW Motorrad.

Kepala Desain BMW Motorrad Edgar Heinrich menjelaskan bahwa kendaraan berbobot 132 kg itu sebagian besar dirancang sebagai playbike perkotaan dan bukan sebagai sepeda utilitas.

“Dengan CE 02, kami berjuang untuk sesuatu yang baru di BMW Motorrad dan ingin menjadi pionir sekali lagi. Berkat proporsinya yang tidak biasa dan grafik yang mencolok, CE 02 yang baru adalah bentuk mobilitas single-track yang tidak rumit dan berjiwa muda,” kata Edgar.

“Bahasa desain yang diperkecil berarti ringan dan menyenangkan. Fokusnya bukan pada utilitas, tetapi pada daya tarik emosional, kesenangan berkendara, dan penggunaan yang tidak rumit dan hampir intuitif,” tambahnya.

Advertisement

Dengan sepasang baterai di bawah 2 kWh dengan total 3,92 kWh, motor ini memiliki jangkauan maksimum 56 mil (90 km).

Motor ini cukup bertenaga dengan motor berperingkat puncak 11 kW, yang berarti bahwa jangkauan aslinya cenderung turun secara signifikan di bawah maksimum 90 km saat melaju dengan kecepatan lebih tinggi atau menggunakan mode berkendara bertenaga lebih tinggi.

See also  CASN 2024 Buka Formasi Sebanyak 2,3 Juta, Ayo Daftar!

Adapun pengisian ulang dilakukan dengan pengisi daya off-board Level 1, mirip dengan sepeda listrik.

Pengisian ulang penuh dari kosong akan memakan waktu sekitar 5 jam dengan pengisi daya standar 0,9 kW atau mendekati 3,5 jam dengan opsi pengisi daya 1,5 kW berdaya lebih tinggi.

BMW menyatakan waktu pengisian daya 20-80 persen masing-masing 2,8 jam dan 2,3 jam.

Advertisement

BMW CE 02 menawarkan lengan ayun belakang satu sisi, inverted front fork, disk-style cast wheels, kunci keyless, tuas rem tangan yang dapat disesuaikan, gigi mundur, dan port USB-C untuk mengisi daya perangkat seperti ponsel.

Kacamata pintar ConnectedRide BMW yang baru diluncurkan juga akan kompatibel dengan motornya, memungkinkan pengendara untuk melihat data berkendara secara langsung yang tersaji di depan mata pengemudi dengan tampilan head-up.

Source: antaranews

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *