Menag-Gus-Yaqut-696x392.jpeg

Siap Fasilitasi Borobudur Jadi Rumah Ibadah Umat Buddha Dunia, Menag Gus Yaqut Tuai Pujian

Diposting pada
Menag Yaqut Cholil Qoumas (Foto: dok. Istimewa)

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) menginginkan situs Candi Borobudur, yang menjadi kuil Buddha terbesar di dunia, tidak hanya menjadi destinasi wisata tetapi juga bisa menjadi rumah ibadah umat Buddha di dunia.

Hal tersebut disampaikan Gus Yaqut saat berdiskusi dengan Dirjen Bimbingan Masyarakat (Bimas) Buddha Kementerian Agama Caliadi di rumah dinas Menag, kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan pada Kamis (28/1).

“Kita berharap segenap ormas keagamaan dan majelis Buddha bersatu padu dalam mewujudkan Borobudur sebagai sentral rumah ibadah umat Buddha dunia. Misalnya dalam perayaan Waisak dan perayaan keagamaan lainnya,” ujar Gus Yaqut dalam siaran pers di situs Kemenag seperti dikutip dari detikcom, Jumat (29/1/2021).

Gus Yaqut pun meyakini harapan menjadikan Candi Borobudur sebagai sentral rumah ibadah umat Buddha sedunia bisa terwujud. Dia mengaku siap memfasilitasi.

“Hal ini bisa terwujud bila umat Buddha di Indonesia bersatu dan kita siap fasilitasi,” sambung Menag.

Pertemuan tersebut juga membahas program penguatan persaudaraan umat Buddha. Gus Yaqut meminta Ditjen Bimas Buddha berperan aktif mengayomi dan menjadi penyejuk bagi ormas keagamaan dan pelbagai majelis Buddha di Indonesia.

Baca Juga :  Jokowi Sebut Pelayanan Birokrasi Selama Ini Kaku

Gus Yaqut juga memberikan apresiasi kepada sejumlah ormas keagamaan Buddha yang peduli dengan kondisi bangsa di tengah pandemi COVID-19 lewat berbagai kegiatan bakti sosial.

Sementara itu, kepada Gus Yaqut, Dirjen Bimas Buddha Caliadi berkomitmen akan mengumpulkan seluruh ormas keagamaan dan majelis Buddha dalam satu forum. Hal itu guna menyatukan suara umat Buddha Indonesia.

“Terima kasih atas arahan dan dukungan Bapak Menteri kepada umat Buddha. Dan kami di Ditjen Bimas Buddha akan selalu memberikan pelayanan terbaik kepada umat Buddha di Indonesia,” tandas Caliadi.

Pernyataan Menteri Agama Gus Yaqut mendapat dukungan dan pujian warganet, diantaranya dari Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas Alaidid. Dalam cuitan di akun twitternya, pria yang akrab disapa habib Muannas ini mengatakan bahwa ini adalah keputusan yang baik sebagai menteri semua agama yang mana ini bisa mempererat kebhinnekaan dan ke-Indonesia-an kita.

“Ini keputusan paling ‘menawan’ dari menterinya semua agama, semakin bhineka tunggal ika, semakin meng-indonesia”, tulis habib Muannas di akun twitternya.

Baca Juga :  Aksi 1812 Diminta Bubar, Massa Sempat Dorong-dorongan dengan Polisi

“Pak @jokowi makasih bangetloh uda memilih @[email protected] sebagai mentri di @Kemenag_RI, saya melihat menteri agama yang bener-benar mewakili semua agama, Salam Bhineka Tunggal Ika Pak” tambah akun @HenrySantosoLi1

(Warta Batavia)

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *