Connect with us

Edukasi

SIMAK! Daftar Kampus Terbaik di Kawasan ASIA

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com- Lembaga pemeringkatan Times Higher Education (THE) baru saja merilis daftar World University Rankings 2024 yang mencakup 1.904 universitas di 108 negara dan wilayah. Termasuk universitas yang terbaik di kawasan Asia.

Pemeringkatan THE WUR 2024 mencakup 18 indikator kinerja yang dikalibrasi dengan cermat yang mengukur kinerja lembaga di lima bidang yakni pengajaran, lingkungan penelitian, kualitas penelitian, industri, dan pandangan internasional.

Pemeringkatan ini juga menganalisis lebih dari 134 juta kutipan di 16,5 juta publikasi penelitian dan mencakup tanggapan survei dari 68,402 peneliti di seluruh dunia.

Secara keseluruhan, terdapat 411.789 titik data dari lebih dari 2.673 institusi yang mengirimkan data. Hal ini menjadi bukti bahwa THE WUR telah dipercaya di seluruh dunia oleh pelajar, guru, pemerintah, dan pakar industri.

Advertisement

Adapun dari pemeringkatan terbaru, berikut ini daftar kampus terbaik di kawasan ASIA versi THE WUR 2024.

10 Kampus Terbaik di Asia Versi THE WUR 2024:

1. Tsinghua University – China
Peringkat dunia: 12

2. Peking University – China
Peringkat dunia: 14

3. National University of Singapore
Peringkat dunia: 19

Advertisement

4. The University of Tokyo – Jepang
Peringkat dunia: 29

5. Nanyang Technological University, Singapore
Peringkat dunia: 32

6. University of Hong Kong
Peringkat dunia: 35

7. Shanghai Jiao Tong University – China
Peringkat dunia: 43

8. Fudan University
Peringkat dunia: 44

Advertisement

9. Chinese University of Hong Kong
Peringkat dunia: 53

10. Kyoto University
Peringkat dunia: 55

Indonesia Masuk Top 1000

Pada pemeringkatan THE WUR 2024, kampus-kampus di Indonesia belum masuk ke top 10 hingga 100 terbaik di Asia dan top 500 dunia.

See also  Sesuai Permintaan Presiden, Pendidikan Indonesia Lebih Terbuka dan Tidak Kaku

Peringkat terbaik kampus di Indonesia berada pada posisi 801-1000, yang diduduki oleh Universitas Indonesia (UI). Ini artinya, kampus UI menjadi yang terbaik di Indonesia versi THE WUR 2024.

Advertisement

Sementara peringkat kedua & ketiga terbaik ada Universitas Airlangga (Unair) dan Institut Teknologi Bandung (ITB), yang menduduki peringkat dunia yakni 1201-1500.

THE Talk Global Study Fair di Jakarta

Sebagai informasi, Times Higher Education (THE) sebagai institusi pemeringkat THE World University Rankings 2024 akan menggelar THE Talk Global Study Fair di Jakarta-Indonesia, pada bulan Oktober 2023, menghadirkan universitas-universitas ternama dari seluruh dunia.

Acara pameran studi internasional di luar negeri ini akan menyediakan semua informasi bagi siswa-siswi SMA dan para sarjana yang berencana melanjutkan pendidikan mereka di luar negeri.

Didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek), Talk Global StudyFair menawarkan siswa kesempatan unik untuk terlibat langsung dengan staf penerimaan universitas dan perwakilan pemerintah asing dari lebih dari 10 negara berbeda.

Advertisement

Interaksi yang dipersonalisasi ini memastikan bahwa siswa menerima saran dan bimbingan yang disesuaikan untuk membuat keputusan yang tepat mengenai masa depan akademis mereka.

Talk Global Study Fair menampilkan ribuan program studi, yang mencakup program sarjana, pascasarjana, eksekutif, dan jangka pendek. Siswa dapat menjelajahi beragam disiplin ilmu, termasuk STEM, bisnis, media kreatif, seni dan humaniora, AI dan teknologi digital, pariwisata, perhotelan, hingga manajemen.

Talk Global Study akan digelar pada 28-29 Oktober 2023, pukul 14.30-18.00 WIB di Pullman Jakarta Central Park: Podomoro City Jl. Letjen S Parman Kav.28.

Source: Detikcom
Dok: Kyoto University (Foto: Kyodonews)

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *