Connect with us

Edukasi

SIMAK! Manfaat Lari Sore Dapat Meredakan Stres

Published

on

SERANG, ASPIRATIF.com – Olahraga merupakan bagian penting dalam membangun gaya hidup sehat dan aktif. Pilihannya cukup bervariasi, namun salah satu yang menjadi favorit banyak orang adalah lari.

Manfaat lari sendiri sangat menyehatkan bagi tubuh. Dengan berlari, Anda dapat membakar kalori, memperkuat otot dan tulang, menjaga kesehatan jantung, dan menjaga kebugaran tubuh. Selain itu, lari di luar juga akan membantu meredakan stres Anda.

Biasanya, orang-orang memilih untuk lari di pagi hari. Sinar matahari pagi yang masih hangat dan udara yang masih belum banyak terpapar asap kendaraan menjadi beberapa pertimbangan orang-orang memilih waktu pagi untuk lari.

Namun, tidak semua orang bisa bangun pagi atau punya waktu luang di pagi hari. Orang-orang ini lebih memilih waktu di sore atau bahkan malam hari untuk berolahraga. Beberapa orang mungkin juga lebih menikmati lari dengan suasana sore.

Advertisement

Tapi, apakah lari di sore hari juga memberi manfaat yang sama seperti lari di pagi hari?

Menurut sebuah studi dari Journal of Strength and Conditioning Research, waktu terbaik untuk berlari adalah saat suhu tubuh Anda berada pada titik tertinggi dan otot di titik paling lentur, yaitu pada pertengahan hari hingga sore hari.

Namun, bukan berarti lari atau olahraga di waktu lain adalah pilihan yang buruk. Selama kita bisa meluangkan waktu untuk berolahraga, setidaknya selama 10 menit, itu akan menjadi waktu terbaik Anda dari pada tidak olahraga sama sekali.

Berikut manfaat lari sore melansir dari merdeka.com

Berlari di Sore Hari

Advertisement

Dikutip dari evofitness.ch, sore hari disebut sebagai waktu terbaik untuk berlari. Tubuh Anda mencapai kinerja puncak antara jam 4 sore hingga jam 7 malam, karena suhu tubuh saat itu paling tinggi dan otot-otot Anda secara alami lebih rileks dan fleksibel, karena telah beraktivitas sepanjang hari.

See also  Destination Wedding, Bisnis Yang Menjanjikan

Oleh karena itu, berlari seharusnya akan terasa lebih mudah, dan Anda seharusnya bisa berlari lebih cepat dan lebih lama. Menurut sebuah penelitian yang terdaftar di National Institutes of Health, paru-paru Anda berfungsi 6% lebih baik di sore hari daripada di waktu lain, sehingga membantu meningkatkan stamina dan kemampuan Anda untuk berlari.

Masalahnya, meskipun sore hari adalah puncak dari kondisi fisik kita, mental kita tidak demikian. Memang, bagian tersulit dari lari sore ada pada motivasi, terlebih setelah seharian bekerja atau beraktivitas lainnya. Karena secara mental, kita berada dalam kondisi puncak setelah bangun tidur, dan akan menurun seiring berjalannya waktu.

Manfaat Lari Sore

1. Membakar Kalori
Manfaat lari sore yang pertama adalah untuk membantu membakar kalori. Olahraga sangat berperan penting dalam mencegah penumpukan kalori. Dikutip dari laman anlene.com, lari sore dapat menjadi pilihan olahraga untuk mencegah tubuh menimbun kalori berlebih.

Advertisement

Saat berlari, tubuh Anda akan mengambil kalori dalam tubuh dan menggunakannya sebagai energi. Jumlah kalori yang dibakar juga tergantung pada intensitas lari yang dilakukan. Memilih waktu sore untuk berlari juga memiliki keuntungan lain.

Dengan lari sore, kita dapat membakar kalori yang sangat tinggi hasil dari makanan yang dikonsumsi pada pagi dan siang hari. Jika kita lari di pagi hari, kalori makanan yang dikonsumsi, terutama pada siang hari, jarang sekali dibakar dan akhirnya hanya menumpuk di dalam tubuh.

2. Meredakan Stres
Manfaat lari sore yang kedua yaitu untuk meredakan stres. Tak jarang setelah beraktivitas seharian, tubuh kita akan terasa lelah dan pikiran juga bisa menjadi stres. Lari di sore hari memang tampak seperti latihan fisik yang menguras energi, namun olahraga ini bisa menjadi cara untuk melepas penat dan meredakan pikiran yang stres.

See also  Kamu Masih Suka Pergi ke Tempat yang Sama? Ini Jawabannya

Di samping itu, olahraga seperti lari juga dapat memicu produksi hormon endorfin yang berperan penting membuat pikiran jadi lebih bahagia.

3. Daya Tahan Tubuh lebih Kuat
Manfaat lari sore yang ketiga yakni membantu memperkuat daya tahan tubuh. Tentu saja, mereka yang rutin berolahraga akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik. Dengan daya tahan tubuh yang terjaga, tubuh jadi tidak mudah sakit, dan jika terserang penyakit pun proses penyembuhannya akan lebih cepat.

Advertisement

Selain meningkatnya daya tahan tubuh, lari sore juga akan membantu meningkatkan stamina tubuh, memperkuat jantung, dan mempermudah Anda mengatur pernapasan agar tidak cepat lelah.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur
Manfaat lari sore yang keempat adalah untuk meningkatkan kualitas tidur. Tak hanya lari sore, olahraga apa pun sebenarnya dapat membantu kita untuk meningkatkan kualitas tidur. Namun olahraga sore, atau lari sore, punya efek yang sedikit berbeda.

Setelah lari sore, tubuh akan terasa lebih segar, peredaran darah menjadi lebih lancar, dan saraf-saraf yang tadinya tegang akan jadi lebih rileks. Meski manfaat ini juga didapat saat lari pagi, namun olahraga yang dilakukan menjelang waktu istirahat akan membantu tidur lebih mudah dan nyenyak.

5. Menjaga Kesehatan Jantung
Manfaat lari sore yang terakhir yaitu untuk menjaga kesehatan jantung. Gaya hidup yang aktif akan membantu mengurangi risiko serangan jantung. Lari sore sendiri tergolong dalam olahraga kardio, yang terkenal baik untuk kesehatan jantung. Karena saat berlari, otot-otot jantung akan berkerja keras sehingga membuatnya jadi lebih kuat.

Meski bagus untuk jantung, Anda juga harus memahami kondisi tubuh Anda untuk menentukan porsi lari yang tepat. Karena jika terlalu dipaksa, justru akan efeknya tidak akan baik untuk tubuh.

Advertisement

Dok : sehatq.com

See also  Tak Hanya Indonesia, 6 Negara Ini Melakukan Mudik

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *