Connect with us

Edukasi

SIMAK! Manfaat Pepaya untuk Kesehatan

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com – Pepaya adalah buah yang kerap ditemukan di wilayah Indonesia. Buah ini memiliki cita rasa yang manis dan segar, sehingga kerap dijadikan makanan pencuci mulut baik sebelum maupun sesudah makan.

Selain rasanya yang enak, manfaat buah pepaya untuk kesehatan juga sangat beragam. Tak heran, sebab buah ini mengandung vitamin dan berbagai nutrisi lain yang tentunya baik untuk kesehatan. Bahkan, buah pepaya juga disebut bisa membantu menurunkan berat badan.

Penasaran apa saja manfaat yang bisa didapat dengan mengonsumsi buah pepaya? Berikut pembahasannya.

Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

Advertisement

1. Melancarkan Pencernaan
Manfaat buah pepaya untuk kesehatan salah satunya adalah membantu melancarkan sistem pencernaan. Ini karena buah pepaya mengandung enzim seperti papain, chymopapain, caricain, dan glycyl endopeptidase yang dapat membantu tubuh mencerna protein dengan lebih mudah.

Sebuah penelitian bahkan sudah membuktikan khasiat buah pepaya untuk pencernaan. Dikutip dari Healthline, sebuah studi menunjukkan orang yang mengonsumsi pepaya selama 40 hari berturut-turut mengalami penurunan risiko sembelit dan perut kembung.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh
Seperti yang disebutkan sebelumnya, buah pepaya kaya akan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Dikutip dari WebMD, pepaya kaya akan vitamin C, A, dan E.

Vitamin C sendiri merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat memerangi bakteri dan virus yang menginfeksi.

3. Meningkatkan Kesehatan Kulit
Dikutip dari WebMD, kandungan enzim papain yang ada dalam buah pepaya dapat melembutkan dan merevitalisasi kulit. Tak hanya itu, vitamin A dan C yang ada dalam pepaya juga bisa mengurangi kerutan dan menghilangkan bintik hitam.

Advertisement

Pepaya juga mengandung likopen yang dapat membantu menjaga sekaligus mengoptimalkan kesehatan kulit.

See also  Sinopsis Film The 33

4. Menjaga Kesehatan Jantung
Siapa sangka, buah pepaya ternyata juga memiliki manfaat untuk membantu memelihara kesehatan jantung. Dikutip dari Healthline, kandungan likopen dan vitamin C yang ada dalam buah pepaya dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, buah pepaya juga mengandung senyawa antioksidan yang bisa membantu mengatasi peradangan, serta meningkatkan efek kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

5. Menurunkan Berat Badan
Dikutip dari Everyday Health, buah pepaya cocok untuk dikonsumsi selama diet karena mengandung kalori yang rendah. Sehingga, mencegah risiko kenaikan berat badan.

Sama halnya seperti buah pada umumnya, pepaya juga kaya akan serat yang tak hanya membantu melancarkan pencernaan, tapi juga membuat tubuh bisa merasa kenyang lebih lama. Hal ini tentu membuat keinginan ngemil menjadi berkurang sehingga membantu menurunkan berat badan.

Advertisement

6. Mencegah Kanker
Dikutip dari Healthline, riset menunjukkan likopen yang ada dalam pepaya dapat membantu mengurangi risiko kanker. Lebih lanjut, mengonsumsi buah pepaya disebut dapat membantu terhadap pengobatan pasien kanker.

Karena mengandung senyawa antiperadangan dan antioksidan, pepaya juga dapat mengurangi dampak radikal bebas dalam tubuh, yang mana menjadi salah satu penyebab kanker.

7. Menurunkan Risiko Alzheimer
Alzheimer adalah kondisi yang hingga saat ini masih belum diketahui penyebab pastinya. Diduga, stres oksidatif memiliki peran dalam perkembangan kondisi ini.

Dikutip dari jurnal National Library of Medicine, produk fermentasi pepaya dapat mengurangi proses stres oksidatif pada pengidap alzheimer. Kandungan dalam pepaya juga dapat memperbaiki ketidakseimbangan antioksidan dan radikal bebas yang bisa merusak sel otak.

Source: Detikcom

Advertisement

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *