Connect with us

Edukasi

SIMAK! Nasihat Bill Gates Tentang Pekerjaan

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com – Bill Gates dikenal bekerja sangat keras saat muda dan membesarkan Microsoft. Sebagai CEO Microsoft, Bill Gates memiliki jadwal padat, bahkan pernah dia mengirimkan permintaan kepada karyawan pada pukul 02.00 dini hari.

Baru setelah dia melihat jadwal harian pribadi CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett, Gates belajar untuk mengurangi kerja kerasnya dan juga karyawannya.

“Setiap menit padat dan saya pikir itulah satu-satunya cara Anda dapat melakukan sesuatu. Saya ingat Warren menunjukkan kalendernya, dia memiliki hari-hari yang tidak ada jadwal apa-apa,” katanya, dikutip detikINET dari CNBC.

Jadwal Buffett yang jarang-jarang itu mengajarkan Gates pelajaran penting. “Anda mengontrol waktu Anda. Ini bukan perwakilan dari keseriusan Anda jika Anda isi setiap menit dalam jadwal Anda,” katanya.

Advertisement

“Pada dasarnya saya bisa membeli apapun yang saya inginkan, tapi tidak bisa membeli waktu,” tambah Buffett yang diwawancarai bersama sang pendiri Microsoft pada tahun 2017.

Metode Buffett yang intinya adalah bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras sebenarnya didukung oleh sains. Kemahiran pekerja menurun drastis ketika mereka bekerja lebih dari 50 jam per minggu, menurut sebuah studi Universitas Stanford tahun 2014.

Menurut studi itu, orang yang bekerja hingga 70 jam seminggu mendapatkan jumlah pekerjaan yang sama dengan mereka yang menatap laptop selama 55 jam.

Gates bukan satu-satunya CEO yang mempelajari pelajaran itu dengan cara yang sulit. Misalnya, CEO Tesla Elon Musk yang sebelumnya mengatakan secara teratur bekerja semalaman untuk bekerja, sekarang tidur setidaknya enam jam per malam.

“Saya telah mencoba tidur lebih sedikit, namun meski bangun lebih lama, saya menyelesaikan lebih sedikit. Dan tingkat nyeri otak memburuk jika saya tidur kurang dari enam jam tidur per malam,” cetus Elon.

Advertisement

Gates sendiri butuh bertahun-tahun untuk menemukan keseimbangan kehidupan kerja yang sehat. “Ketika saya seusiamu, saya tak percaya pada liburan. Saya tidak percaya pada akhir pekan. Saya juga tidak percaya orang yang bekerja dengan saya harus melakukannya,” kata Gates dalam pidato pada mahasiswa.

See also  Mahfud Md: Anak Muda Harus Berpartisipasi dalam Pemilu 2024

“Jangan menunggu selama saya mempelajari pelajaran ini. Luangkan waktu untuk memelihara hubungan Anda, untuk merayakan kesuksesan, dan untuk pulih. Beristirahatlah saat Anda membutuhkannya. Tenangkan orang-orang di sekitar Anda saat mereka membutuhkannya juga,” katanya.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *