mendag-m-luthfi_169.png

Simak Nih! Mendag Buka-bukaan soal Harga Cabai Mahal

Diposting pada

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi memastikan harga bahan kebutuhan pokok akan stabil mengingat bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri. Khusus untuk cabai, diperkirakan harganya akan terus turun. Pasalnya, menurut Lutfi, penurunan harga cabai sudah terlihat mulai 10 Maret 2021. Tren penurunan harga cabai masih akan berlanjut hingga Lebaran.

“Kalau kita lihat sehari-hari antara 10-12, sebenarnya harga cabai sudah mulai turun. Menurut Kementerian Perdagangan, perhitungan kita (harga cabai) akan terus turun hingga Lebaran. ,” dia berkata. Hal itu diungkapkan Lutfi dalam jumpa pers virtual, Senin (15/3/2021).

Berdasarkan data Sistem Pemantauan Pasar dan Pangan Pokok Kementerian Perdagangan, terlihat bahwa rata-rata harga cabai besar pada 12 Maret 2021 justru turun 4,28% menjadi Rp 44.472 / Kg dari 11 Maret. level Rp. 46,376 / Kg.

Namun harga cabai merah tetap stagnan di kisaran Rp 47.000 / kg dan cabai merah sendiri naik 22,48% menjadi Rp 96.247 / kg dari harga sehari sebelumnya Rp 74.607 / kg.

Lutfi tidak menjelaskan berapa harga lada yang akan turun hingga Lebaran dan berapa persentase perkiraannya. Namun, menurutnya, hal tersebut mutlak dimungkinkan asalkan produksi internal terjamin, sesuai kebutuhan masyarakat.

Baca Juga :  Airlangga: Lapor Pihak Berwenang jika Diminta Membayar Vaksin

Dia menjelaskan secara singkat mengapa harga cabai naik drastis beberapa hari lalu. Hal ini disebabkan dampak musim hujan di awal tahun yang merusak produksi cabai dan mengakibatkan kelangkaannya. Namun, saat musim hujan usai, dia optimistis stok akan kembali normal.

“Jadi kita juga tahu kenapa kemarin hujan naik yang biasanya hanya 3 bulan, naik turunnya harga cabai bisa naik dari sebulan menjadi satu setengah bulan. Ya, hujan terus turun dan merusak daerah. Tanaman petani di atasnya. Benar-benar bekerja. Jadi 3 bulan harga naik, 3 bulan harga turun, “ujarnya.

Sebelumnya, menurut data Kementerian Pertanian, produksi cabai besar dalam negeri hingga akhir Mei 2021 bisa mencapai 496 ribu ton. Jumlah tersebut melebihi kebutuhan cabai hingga lebaran yaitu 432.000 ton.

Produksi cabai rawit diperkirakan mencapai 448.000 ton pada Mei 2021, melampaui permintaan cabai sebesar 392.000 ton. [detik.com]

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *