012513000_1593501524-20200630-Jokowi-Semarang-4.webp_.jpeg

SMRC : Pemilih Jokowi di Pilpres Banyak Beralih ke Ganjar Pranowo

Diposting pada

Banyak suara pemilih Presiden Jokowi akan jatuh ke tangan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Demikian hasil polling pemilu yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC).

Dalam simulasi top of mind kesesuaian capres, nama Jokowi masih muncul di urutan teratas. Namun, jika nama Jokowi hilang, pasti ada penyebarannya. Sebagian besar pergi ke Ganjar dengan 18,4%. Kemudian untuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 15,2%, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 13,1% dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto 9,2%.

Sementara itu, perolehan suara Jokowi menempati urutan pertama, jika ketujuh nama itu sama-sama dikenal pemilih, paling banyak pindah ke Ganjar, lalu Anies dan Ridwan Kamil. Prabowo hanya akan menempati posisi kelima, ”kata Direktur Eksekutif SMRC Sirojuddin Abbas dalam sambutannya. publikasi jajak pendapat virtual pada Kamis (1/4/2021).

SMRC juga menemukan bahwa responden yang puas dengan kinerja Jokowi cenderung memilih Ganjar. Dari data polling, pemilih Ganjar menilai kinerja pemerintah lebih baik dari tahun lalu.

“Ganjar unggul dalam pemilih yang menganggap kinerja pemerintah membaik,” kata Abbas.

Baca Juga :  FPI Bubar, Habib Hasan Baabud: Gerakan Mereka Mirip PKI

Penilai kinerja pemerintah yang buruk memilih Anies

Sementara itu, responden yang menilai kinerja pemerintah memburuk cenderung memilih Anies.

“Anies unggul dalam hal pemilih yang menganggap kinerja pemerintah memburuk,” kata Abbas.

Survei SMRC berlangsung dari 28 Februari hingga 8 Maret 2021. Sebanyak 1.064 responden dipilih secara acak dan diwawancarai secara tatap muka. Survei ini memiliki margin of error sekitar 3,07%.[liputan6.com]

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *