Connect with us

Edukasi

Sup Miso Masakan Halal khas Jepang dan Cara Membuatnya

Published

on

PANDEGLANG, ASPIRATIF.com – Sup miso (味噌汁, miso shiru) adalah masakan Jepang berupa sup dengan bahan dasar dashi ditambah isi sup berupa sedikit makanan laut atau sayur-sayuran, dan diberi miso sebagai perasa. Sup miso dinikmati dengan mengangkat mangkuk sup dan meminum kuahnya, sedangkan isi sup dimakan menggunakan sumpit.

Pada umumnya sup miso dihidangkan bersama nasi putih sebagai menu sarapan pagi di banyak rumah-rumah di Jepang. Sup miso biasanya dimakan di rumah, walapun ada juga sup miso yang dihidangkan di warung atau restoran tradisional Jepang (ryotei). Sup miso instan adalah sup miso dalam kemasan yang cukup diseduh dengan air panas.

Sup miso merupakan masakan sangat sederhana yang sangat mudah disiapkan dalam waktu singkat, bahan-bahannya pun hanya berupa kaldu dari katsuobushi, sedikit isi sup, dan miso. Walaupun sup miso adalah masakan paling sederhana, rasa yang dihasilkan bisa berbeda-beda tergantung pada jenis miso yang digunakan untuk sup, cara mengambil kaldu dari katsuobushi dan keterampilan orang yang membuatnya.

Pada kebudayaan Jepang yang menjadikan nasi atau nasi dari berbagai jenis padi-padian sebagai makanan utama, sup miso mempunyai peran penting sebagai makanan pendamping yang paling utama. Pada umumnya, makanan utama sehari-hari orang Jepang sejak zaman dulu disebut 一汁一菜 (ichijū issai) yakni satu set berupa nasi dengan sup seperti sup miso dan satu jenis lauk.

Advertisement

Chef asal Jepang Hideki Fujiwara membagikan resep membuat sup miso yang gurih dan wangi dengan cita rasa otentik Jepang, serta halal dilansir dari Detikfood:

Bahan:

Rumput laut masak
Katsuobushi (ikan cakalang kering serut)
Pasta miso halal
Tofu
Wakame atau rumput laut kering
Daun bawang

See also  Hari Buku Nasional: Sejarah dan Tips Tingkatkan Literasi

Cara membuat:

1. Untuk membuat dasar dari kuah miso menjadi gurih alami, rebus rumput laut masak selama 30 menit dan jangan sampai mendidih (sekitar 70 derajat). Setelah panas, diamkan selama 30 menit dengan api kecil.

Advertisement

2. Masukan katsuobushi ke dalam air rebusan rumput laut, gunakan api besar dan tunggu sampai mendidih. Jika tidak bisa menemukan katsuobushi, bisa menggunakan penyedap rasa atau kaldu sesuai selera.

3. Setelah mendidih saring katsuobushi, sisihkan air rebusan untuk dimasak kembali.

4. Masukkan pasta miso ke dalam rebusan katsuobushi di api kecil, gunakan saringan agar pasta miso tidak menggumpal dan mencair dengan baik.

5. Setelah kaldu miso mendidih, masukkan bahan pelengkap seperti tofu, rumput laut dan daun bawang. Sajikan saat hangat.

Miso soup bisa dimakan bersama dengan nasi hangat sebagai menu sarapan.

Advertisement

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *