9bd1770b-04ea-4465-8d8b-60a95a542e42_169.png

Syarat Alumni Kartu Prakerja Dapat Modal Usaha hingga Rp 10 Juta

Diposting pada

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi alumni program Kartu Pra Kerja untuk memperoleh modal perusahaan. Dalam program ini, alumni dapat memperoleh pinjaman ekuitas perusahaan hingga Rp 10 juta per KUR mikro-grant.

Wakil Direktur Pemberdayaan Ekonomi dan Kewirausahaan Masyarakat Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, kata Presiden Saleh, persyaratan ini juga sudah diatur dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian nomor 15 tahun 2020 tentang perubahan peraturan menteri koordinator bidang Perekonomian. Nomor 8 Tahun 2019 tentang Pedoman Pelaksanaan Kredit Korporasi Bagi Masyarakat.

“Harus dipahami pagu untuk KUR super mikro itu Rp 10 juta, jadi nominal pendanaan yang akan didapat bisa kurang dari Rp 10 juta, sesuai analisa kelayakan yang dilakukan distributor KUR,” ujarnya. Chairul saat dihubungi detik.com, Sabtu (20/3/2021).

Persyaratan bagi alumni kartu pra kerja untuk mendapatkan bantuan permodalan perusahaan adalah pengusaha mikro. Kedua, durasi kegiatan tidak dibatasi, bahkan bisa kurang dari 6 bulan, asalkan mengikuti program pendampingan formal maupun informal, mengikuti kelompok kerja, memiliki anggota keluarga yang sudah ada kegiatan.

Baca Juga :  Ibunda Fadli Zon Tutup Usia, Mahfud MD Sampaikan Ucapan Duka

Kondisi ketiga, karyawan yang diberhentikan tidak wajib melaksanakan kegiatan, dengan pelatihan 3 bulan sebagaimana diatur dalam Permenko 8/2019 tetapi bisa kurang dari 3 bulan atau perusahaan baru dengan persyaratan butir 2 Keempat, saya tidak pernah menerima KUR.

Chairul mengatakan, tidak semua alumni Prakerja Card bisa mendapatkan bantuan permodalan perusahaan dalam bentuk KUR ini. Seperti alumni Program Kartu Pra Kerja yang telah mendapatkan KUR sebelumnya, distributor KUR juga akan melakukan studi kelayakan bagi calon debitur sesuai ketentuan perbankan yang berlaku.

Artinya ada perbedaan kriteria kehati-hatian dan tata kelola bank terkait dengan kelayakan pinjaman, ”ujarnya.[detik.com]

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *