Takbir Keliling Malam Idul Kurban Tahun Ini Ditiadakan – Aspiratif News

Takbir Keliling Malam Idul Kurban Tahun Ini Ditiadakan - Warta Batavia
Views: 1279
Read Time:3 Minute, 1 Second

Takbir Keliling Malam Idul Kurban Tahun Ini Ditiadakan – Aspiratif News

WALI Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti merilis Pemerintah Kota Yogyakarta tidak ingin rangkaian ibadah Idul Kurban tahun sekarang jadi klaster baru yang merugikan warga. Oleh sebab itu, ibadah Idul Kurban, dari mulai takbir keliling, salat Idul Kurban, penyembelihan, penjualan haewan kurban, sampai pembagian daging di Kota Yogyakarta diatur dalam Surat Edaran Wali Kota Yogyakarta Nomor: 451/9162/SE/2020 Masalah Panduan penyelenggaraan Ibadah Idul Kurban 1441 Hijriyah .

SE tersebut meniadakan aktifitas takbir keliling. Warga dianjurkan untuk melaksanakan gema takbir di rumah masing-masing. Masjid dan musala yang telah memperoleh surat Penjelasan aman Covid-19 dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 diperkenankan menggemakan suara takbir.

“Sungguh seyogyanya takbiran ditunaikan di rumah saja mengingat kondisi penyebaran Covid-19 masih ada,” gamblang Hariyadi dalam Penjelasan legal, Rabu (15/7). 

Untuk Pelaksanaan salat Idul Kurban, pihaknya menganjurkan Dikerjakan di rumah masing-masing. Masjid dan musala yang hendak menyelenggarakan salat Idul Kurban mesti mengantongi surat Penjelasan aman Covid-19.

READ  Banser Diminta Tidak Terprovokasi Bullyan dan kejadian di Papua - Warta Batavia

“Surat edaran ini untuk mewujudkan masarakat produktif dan aman covid-19 masa pandemi Kota Yogyakarta,” kata Haryadi.

Hariyadi juga berpesan, Camat dan Lurah agar berperan aktif meninjau tempat sekaligus mendata tempat penyembelihan dan penjualan haewan kurban. alasannya, jikalau melihat data hitungan total haewan kurban pada tahun sebelumnya, hitungan total haewan kurban di Yogyakarta mencapai kisaran 7200. Dengan hitungan total itu, Rumah Potong Haewan (RPH) tidak dapat menampung semua penyembelihan haewan kurban. 

“Oleh sebab itu, mesti didata berapa kemungkinan hitungan total haewan kurban dan berapa kemungkinan tempat penyembelihan haewan kurban,” kata dia.

baca juga: Ratusan Pedagang Haewan Kurban Tolak Pakai Masker dan Rapid Test

Haewan kurban yang disembelih di Kota Yogyakarya nyaris dipastikan berasal dari luar Kota Yogyakarta. Masuknya haewan kurban tersebut mesti tetap diwaspadai. menurut SE tersebut, penjual haewan kurban wajib mengusulkan izin melalui camat setempat. Dari laporan yang masuk sementara, hitungan total penjual haewan di Kota Yogyakarta baru ada di 6 tempat. Keenam tempat tersebut Ada di Kecamatan Umbulharjo dan Mantrijeron. Padahal, dari data tahun sebelumnya, hitungan total penjual haewan kurban mencapai kisaran 58 titik. (OL-3)

 

READ  Tiruan Kapal Induknya Dihancurkan dalam Latihan Perang Iran, Begini Kecaman Angkatan bersenjata AS - Aspiratif News


Takbir Keliling Malam Idul Kurban Tahun Ini Ditiadakan – Aspiratif News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *