Tangani Covid-19 dengan Produksi Masker Kain – Aspiratif News

Views: 17
Read Time:5 Minute, 0 Second

Tangani Covid-19 dengan Produksi Masker Kain – Aspiratif News

SEJUMLAH perusahaan Turut terlibat dalam usaha mencegah penularan covid-19 di Tanah Air. Tidak terkecuali, perusahaan produsen minyak mentah (crude palm oil/CPO) AsianAgri yang Turut serta memerangi covid-19 dengan memproduksi ribuan masker dan menyemprotkan cairan disinfektan ke sejumlah Fasilitas umum.

Head HSE dan CSR Asian Agri Welly Pardede menyampaikan dalam usaha mencegah penyebaran covid-19, pihaknya bekerja sama dengan perkumpulan penjahit di Kabupaten Pelalawan, Riau. Kolaborasi tersebut dikerjakan dengan memproduksi 7.650 masker kain yang lalu didistribusikan untuk warga yang Ada di 19 desa di Kabupaten Pelalawan dan Siak, Riau.

“Sokongan masker kain untuk desa-desa tersebut sejalan dengan imbauan pemerintah yang meminta semua warga untuk mempergunakan masker bila hendak keluar rumah. Hal ini penting agar wilayah dan warga terhindar dari paparan covid-19,” ungkap Welly, melalui Penjelasan resminya, belum lama ini.

Ia menerangkan, ke-12 desa di Siak yang menerima sokongan masker kain dari Asian Agri, yaitu Desa Delima Jaya, Buana Bhakti, Bukit keinginan, Kumbara Utama, Bukit Agung, Simpang Perak Jaya, Gabung Makmur, Jati Mulya, Buatan Baru, Buana Makmur, Suka Mulia, dan Kerinci Kanan.

READ  Gabungan Ormas di Banyumas Polisikan Akun yang Menghina Habib Luthfi di Media Sosial - Warta Batavia

Adapun untuk Kabupaten Pelalawan ada tujuh desa yang menerima sokongan masker kain tersebut, ialah, Desa Mekar Jaya, Makmur, Delik, Lalang Kabung, Rantau Baru, Lubuk Ogung, dan Kiyap Jaya.

Head Operation Asian Agri Omri Samosir menambahkan, selain sokongan masker kain, pihaknya juga mendistribusikan ribuan paket sembako selama Ramadan pada Mei lalu untuk meringankan beban warga selama masa pandemi  covid-19 berlangsung. 

“Untuk membantu meringankan beban masarakat dalam situasi waktu ini, Asian Agri menyumbang kisaran 5.000 paket sokongan makanan pokok selama Ramadan untuk masarakat di wilayah operasional perusahaan di Provinsi Sumatra Utara, Riau, dan Jambi,” lanjut dia.

Bagian warga yang memperoleh pesanan pembuatan masker di Desa Makmur, Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Sri Wahyuni, mengakui amat terbantu dengan pesanan sebanyak 6.050 masker kain.Apalagi, semenjak masa pandemi covid-19, ia terpaksa wajib memikirkan nasib 4 karyawannya agar tidak dirumahkan.

Apalagi, lanjut Sri, pesanan jahit makin sepi waktu masa pandemi covid-19. Padahal, biasanya dia selalu banjir dengan pesanan jahit baju sebelum Lebaran tiba tiap-tiap tahun.

Tetapi, tahun sekarang nyaris tidak ada pesanan jahit. Para kastemer jahitnya ada yang menunda pesanan lantaran keputusan taktik physical distancing dan pengalihan prioritas keuangan untuk hal yang lebih penting.

READ  Mukernas PPP Membicarakan Evaluasi Hasil Pemilihan Umum 2019

“Kami bertekad agar dapur kami tetap mengepul dan kami wajib berusaha agar roda mesin jahit kami tetap bergerak dan pekerja tetap memperoleh penghasilan,” pungkas Sri.

Penyemprotan

Adapun untuk penyemprotan disinfektan, PT Inti Indosawit Subur (Asian Agri) melakukannya ke fasilitas-fasilitas umum di Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Riau. Tempat penyemprotan kali ini meliputi Pasar BTN Lama dan Masjid Nurul Ikhlas di Pangkalan Kerinci.

Aktifitas itu dikerjakan Asian Agri berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan termasuk pemerintah dan bermacam elemen masarakat. Hadir pula pada aktifitas tersebut, ialah Bupati Pelalawan HM Harris, Polres Pelalawan, Humas/Juru Bicara PT Inti Indosawit Subur (Asian Agri) Lindu Simatupang, dan Koordinator CSR Asian Agri Wilayah Riau Eko Budi Christyanto.

Juru Bicara PT Inti Indosawit Subur (Asian Agri) Lindu Simatupang menyampaikan keikutsertaan perusahaan dalam penyemprotan disinfektan Ialah bentuk perhatian Asian Agri untuk mencegah penyebaran covid19.

“Kami bersama-sama dengan pemerintah, Polri, dan elemen masarakat lainnya amat menyokong program sokongan penyemprotan disinfektan. Apalagi, kami pun menurunkan tim semprot perusahaan yang bertugas menyemprotkan disinfektan ke Fasilitas umum, seperti jalan, pasar,

sekolah, dan rumah ibadah,” gamblang Lindu.

Bupati Pelalawan HM Harris Menyatakan pihaknya telah melakukan bermacam usaha untuk mencegah penyebaran covid-19 di daerahnya. Bahkan, sudah meminta masarakat agar tidak berkumpul dan tetap menjaga jarak aman minimal 1 meter.

READ  Percaya Prabowo-Jokowi Akan Berjumpa, Luhut: Engak Usah Dipaksa-paksa

Kecuali itu, pihaknya melakukan sosialisasi untuk masarakat agar jika ada Famili yang Datang dari tempat terdampak covid-19, untuk cepat memeriksakan diri ke pusat kesehatan masarakat (puskesmas) setempat. 

“Apalagi waktu ini usaha kami juga Disokong pihak swasta dengan Turut melakukan penyemprotan disinfektan di fasilitasfasilitas umum,” kata Harris.

Terkait dengan penyemprotan itu, para pedagang Pasar BTN Lama di Pangkalan Kerinci amat mengapresiasi. Salah seorang pedagang sayuran di Pasar BTN Lama W Tamba, bahkan bersyukur dengan penyemprotan disinfektan, dirinya tidak Penting lagi kuatir waktu ingin menjalankan aktivitas berdagang sehari-hari.

“Kami amat berterima kasih untuk Asian Agri sebab tempat tempat kami berjualan sudah disemprot disinfektan. Semoga saja aktifitas ini dapat menimbulkan rasa aman bagi para pedagang dan khususnya pembeli agar mereka tidak Penting kuatir lagi berbelanja di pasar,” pungkas Tamba.

Kecuali di Pangkalan Kerinci, Asian Agri juga melakukan penyemprotan disinfektan pada Fasilitas umum di Kecamatan Peranap dan Kecamatan Langgam baik secara mandiri maupun bekerja sama dengan unsur pimpinan kecamatan (Upika) setempat. (S-3)


Tangani Covid-19 dengan Produksi Masker Kain – Aspiratif News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *