21___Airlangga.jpg

Tangani Covid-19, Menko Airlangga Pastikan Keuangan Negara Terjaga

Diposting pada

Pemerintah memastikan kondisi keuangan negara masih terjaga, meskipun terus mengganggarkan pemulihan ekonomi akibat Covid-19. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato mengatakan adanya bantuan dari Bank Indonesia (BI) membuat keuangan negara masih aman.

“Pemerintah masih bekerja sama dengan Bank Indonesia dalam bentuk burden sharing jadi kemampuannya besar. Jadi beban Bank Indonesia adalah 0 sama sekali tidak membebani anggaran pemerintah,” ujar Airlangga Hartato dalam video virtual, Kamis (24/12/2020).

Dia menjelaskan dengan berbagi beban membuat tingkat pinjaman tinggi. Namun, masih aman karena bunganya rendah. “Tingkat pinjaman kita 3,6 persen tapi tingkat suku bunganya rendah,” katanya.

Airlangga mengatakan, pengadaan vaksin telah dilakukan pemerintah Indonesia dengan mengimpor sebanyak 1,2 juta dosis dalam bentuk jadi dari China. Saat ini pemerintah Indonesia telah mengganggarkan Rp18 triliun untuk pembelian vaksin Covid-19.

“Diharapkan pada Desember 2020 sudah ada 15 juta bahan baku vaksin yang akan hadir. Adapun di bulan Januari 2021 akan hadir lagi 1,8 juta,” ujarnya.

Pemerintah telah memutuskan pada tahap awal vaksinasi, penerima akan diprioritaskan untuk para tenaga kesehatan, pekerja di garda terdepan, Satpol PP, TNI, Polri, pedagang pasar, dan UMKM. “Ini diharapkan rasa aman dan perekonomian akan bangkit serta masyarakat akan mulai bergerak meningkatkan daya beli,” katanya.[inews.id]

Baca Juga :  [Berita Gambar] Israel Melakukan Hampir 20 Serangan Udara Di Suriah

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *