kapolda-metro-irjen-fadil-imran-jumpa-pers-penangkapan-terduga-teroris-di-jakarta-dan-bekasi_169.jpeg

Tangkap 4 Terduga Teroris di Condet-Bekasi, Polisi Temukan 5 Bom Aktif

Diposting pada

Tim Polisi Densus 88 menangkap empat tersangka teror di Condet, Jakarta Timur, dan Serang Baru, Bekasi. Densus juga menemukan lima bom aktif di lokasi penangkapan tersangka teroris.

“Pencarian juga menemukan empat … lima bom aktif yang telah dirangkai dalam kaleng dengan kapak yang terbuat dari TATP (triacetone triperoxide). Ini adalah senyawa kimia yang mudah meledak dan diklasifikasikan sebagai TATP yang sangat sensitif dan sangat eksplosif. Merupakan senyawa peroksida yang sifatnya sangat mudah terbakar hanya dengan adanya gesekan termal dan pemicu lainnya, ”kata Inspektur Kepala Metro Jaya Fadil Imran dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (29/9). 3/2021).

Fadil mengatakan, tim Jibom Polda Metro Jaya segera menyingkirkannya dengan meledakkan bom. Bom itu dikatakan sangat eksplosif.

Oleh karena itu, tim Jibom unit Gegana Polda Metro Jaya memutuskan untuk melakukan pembuangan di dua tempat ditemukannya TATP, yakni di Sukasari, Serang Baru Bekasi, dan di Condet, Jakarta Timur, ”tambah Fadil.

Baca Juga :  PKS : Partai Terbuka dan Tertutup

Lebih lanjut, lanjut Fadil, berdasarkan temuan di tempat, kelima bom TATP tersebut mampu menghasilkan sekitar 70 bom pipa. Bom tersebut memiliki berat 3,5 kilogram.

“Dari bahan peledak dan bahan baku yang ada, menurut perhitungan tim, TATP lima bom pot seberat 3,5 kg itu mampu menghasilkan sekitar 70 bom pipa. Dulu ukuran rakit pipa untuk satu bom kira-kira 70, kira-kira 70 persen. Sebanyak 70 bom tabung. Ini hasil bom TATP yang berhasil dideteksi dan diblokir teman-teman Satgas Polda Densus 88 Polda Metro Jaya, ”kata Fadil. [detik.com]

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *