Tangkap Joko Tjandra, ICW Apresiasi Polri – Aspiratif News

Tangkap Joko Tjandra, ICW Apresiasi Polri - Warta Batavia
Views: 913
Read Time:3 Minute, 46 Second

Tangkap Joko Tjandra, ICW Apresiasi Polri – Aspiratif News

INDONESIA Corruption Watch (ICW) mengapresiasi daya-kerja Polisi RI yang berhasil menangkap terpidana cessie Bank Bali Joko Tjandra. ICW mendesak Korps Bhayangkara menyelidiki tuntas semua pihak yang sebelumnya membantu dan menjaga Joko yang jadi buron semenjak 2009 ini.

“ICW mengapresiasi langkah Polri yang akhirnya berhasil meringkus buronan kelas kakap, terpidana Perkara korupsi, Joko Tjandra,” tegas Peneliti ICW Kurnia Ramadhana dalam Penjelasan legal, Jumat (31/7).

menurut dia, ICW mendesak Joko Tjandra agar kooperatif dalam menjalani masa hukuman serta memberikan informasi ke penegak hukum soal pihak-pihak mana saja yang Turut membantunya dalam pelarian selama 11 tahun terakhir.

Di luar dari itu, kata dia, Ada banyak pekerjaan rumah yang mesti juga cepat dituntaskan lembaga-lembaga terkait. Seperti Polri mesti mengembangkan kemungkinan petinggi korps bhayangkara lain yang terlibat membantu pelarian Joko Tjandra.

“Polri mesti cepat menetapkan Joko Tjandra sebagai tersangka atas Sangkaan mempergunakan surat palsu untuk kepentingan tertentu sebagaimana tertuang dalam Pasal 263 ayat (2) KUHP. Adapun poin ini berpatokan pada tindakan yang bersangkutan waktu mempergunakan surat jalan dari Polri agar dapat menyelamatkan diri,” paparnya.

READ  Kewajiban, Syarat, Sunnah dan Batalnya Wudlu' (Fiqih Dasar 1) - Warta Batavia

Polri mesti cepat berkoordinasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menyelidiki tuntas Sangkaan tindak kejahatan sogok yang dikerjakan Joko Tjandra atau pun advokatnya untuk pihak-pihak yang membantu pelariannya selama ini.

iCW juga meminta Kejaksaan Agung mengevaluasi daya-kerja dari Tim Eksekutor pencarian buronan Joko Tjandra. Sebab, tim tersebut pada kenyataannya gagal meringkus terpidana Perkara korupsi tersebut.

“Kejaksaan Agung mesti mendalami terkait kepentingan atau motif dari Jaksa Pinangki Sirna Malasari waktu menemui Joko Tjandra. Jikalau ada aliran ongkos dari Joko Tjandra untuk yang bersangkutan, maka sudah selayaknya Kejaksaan berkoordinasi dengan KPK untuk dapat memproses hukum atas sangkaan tindak kejahatan sogok dan obstruction of justice,” ujarnya.

Tidak cuma itu, ICW juga mendesak agar korps adhyaksa cepat memberhentikan yang bersangkutan sebagai Jaksa di Kejaksaan Agung. “Juga KPK mesti cepat berkoordinasi, baik dengan Kepolisian atau Kejaksaan, untuk dapat menangani Sangkaan tindak kejahatan sogok yang dikerjakan Joko Tjandra atau pun advokatnya serta Sangkaan obstruction of justice,” katanya.

READ  5 Kejadian Penting di Bulan Muharram - Warta Batavia

Baca juga : Penangkapan Joko Tjandra Atas Perintah Langsung Jokowi

DPR, kata Kurnia, agar cepat mengusulkan hak angket untuk lembaga-lembaga yang berhubungan dengan pelarian dari Joko Tjandra, ialah Kepolisian, Kejaksaan Agung, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Dalam Negeri, dan Badan Intelejen Negara (BIN). Pelarian Joko Tjandra ini mestinya dapat dijadikan Peluang Baik bagi Presiden Joko Widodo mengevaluasi daya-kerja Kepolisian, Kejaksaan Agung, Kementerian Hukum dan HAM tepatnya Dirjen Imigrasi, dan BIN. Sebab, jikalau tidak ada evaluasi mendalam, maka tidak menutup kemungkinan di masa yang akan Hadir buronan korupsi lainnya akan melakukan tindakan serupa dengan yang dikerjakan Joko Tjandra.

Mesti diingat Joko Tjandra ini cuma 1 dari sekian banyak buronan yang masih tersebar di beberapa negara. Catatan ICW, masih tersisa 39 buronan korupsi lagi yang belum dapat ditangkap oleh penegak hukum, Kepolisian, Kejaksaan, dan KPK. “Tentu ini mesti jadi fokus bagi pemerintah, terlebih lagi hitungan total kebangkrutan negara yang diakibatkan oleh para buronan tersebut terbilang wow, ialah mencapai R53triliun,” pungkasnya. (P-5)

READ  Ganti Pertahanan Udara yang Hancur di Libya, Turki Datangkan Sistem Ukraina - Aspiratif News


Tangkap Joko Tjandra, ICW Apresiasi Polri – Aspiratif News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *