Tasfir Surat Al-Hujurat Ayat 13, Persamaan Kedudukan Manusia

Tasfir Surat Al-Hujurat Ayat 13, Persamaan Kedudukan Manusia

Penjelasan kandungan Surat al-Hujurat ayat 13 (sumber: istimewa)

Asbabun nuzul Surat al-Hujurat berhubungan dengan bermacam-macam masalah. Adapun asbabun nuzul Surat al-Hujurat ayat 13 berhubungan dengan kesetaraan hak saban manusia.

Aspiratif News – Surat al-Hujurat ayat 13 amat mengatakan dengan tegas agar saban manusia tidak menampakkan sikap diskriminatif. Tiap-tiap manusia mempunyai hak dan kewajiban yang sama.

Surat al-Hujurat ayat 13 mengajarkan ummat manusia untuk tidak melihat rendah sebab berdasar Suku, agama atau bangsa. Semuanya patut memperoleh perilaku yang sama dan merata.

Baca: Tafsir Surat Al-An’am Ayat 108, Larangan Mencaci Sesembahan Agama Lain

Suku, agama atau suku tidak boleh mengahalangi antar ummat manusia untuk saling menghargai. Tatkala menjalani kehidupan bareng, mereka akan hidup berdampingan tanpa membedakan atau menanyakan agama, golongan atau Suku.

Surat al-Hujurat ayat 13 pada mulanya Adalah teguran ke sebagian ummat Islam yang melihat rendah orang lain berdasar status sosial. Lalu, turunlah Surat al-Hujurat ayat 13 selaku respon atas perilaku diskriminasi tersebut.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan engkau dari seorang laki-laki dan seorang wanita dan menjadikan engkau berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya engkau saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara engkau di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara engkau. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal” (QS. al-Hujurat: 13).

Baca: Tafsir Surat Al-Hujurat Ayat 10, Persatuan Umat Islam

Dalam kitab al-Durr Al-Mantsur fi Tafsir Bil-Ma’tsur, Imam Suyuthi menerangkan 2 cerita yang berhubungan dengan turunnya Surat al-Hujurat ayat 13. Iman Ibnu Mundzir, Imam Abu Hatim dan Imam Baihaqi di dalam kitab ad-Dalail dari Imam Abi Mulaikah menceritakan bagian cerita yang berhubungan dengan turunnya ayat.

Diceritakan, pada waktu kejadian Fathu Makkah, Nabi Muhammad SAW memerintahkan sahabat Bilal bin Rabah untuk adzan di atas Ka’bah. Menyaksikan Bilal bin Rabah adzan, sebagain warga Makkah menjelaskan dengan nada sumbang. Ada yang berkata, budak hitam inikah yang azan di atas Ka‘bah?

Ada pula yang berkata, Apakah Muhammad tidak menemukan selain burung gagak ini untuk berazan? Ada juga yang menjelaskan, Kalau Allah membencinya, tentu akan menggantinya. Lalu, turunlah Surat al-Hujurat ayat 13 selaku respon atas kejadian tersebut.

Respon tersebut Adalah bentuk nyata bahwa Islam mengatakan dengan tegas persamaan kedudukan manusia. Tidak ada pembeda antara manusia berdasar suku bangsa, Suku, nasab, kelir kulut atau berdasar status soaial.

Di mata Allah SWT, manusia mempunyai status yang sama dan memperoleh perlakuan yang sama pula. Yang membedakan ialah tingkat ketakwaannya ke Allah SWT.

Baca: Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 70, Pentingnya Berkata Jujur

Prinsip-prinsip egaliterisme yang terkandung dalam Surat al-Hujurat ayat 13 ini mendukung terciptanya kehidupan masarakat yang sejahtera. Sebeb, egalitarisme Adalah pondasi dasar perdamaian dan kedaiaman dalam kehidupan bermasyarakat.

Di dalam Surat al-Hujurat ayat 13 dijelaskan, bahwa Allah SWT menciptakan laki-laki dan wanita serta menjadikannya bersuku-suku dan berbangsa-bangsa agar saling mengenal dan memahami 1 sama lain. Kata lita’arofu bukan cuma sebatas saling mengenal, akan tetapi sampai pada titik saling memahami karakteristik dan psikologi masing-masing kubu yang ada.

Dengan sedemikian, sikap fanatisme dan sentimen kubu dapat terhindarkan. Segala perbedaan menurut Surat al-Hujurat ayat 13 mesti dijadikan dasar terciptanya kehidupan yang full kelir dan keberagaman. [Aspiratif News/in]


Tasfir Surat Al-Hujurat Ayat 13, Persamaan Kedudukan Manusia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *