Tegang, serdadu Irak Bareng serdadu AS Tangkap 3 Publik figur Kataeb Hizbullah – Aspiratif News

Views: 13
Read Time:2 Minute, 11 Second

Tegang, serdadu Irak Bareng serdadu AS Tangkap 3 Publik figur Kataeb Hizbullah – Aspiratif News

Baghdad, Aspiratif News –  serdadu keamanan Irak bareng Pasukan Amerika Serikat (AS) melurug markas besar  Kataeb Hizbullah di Baghdad, dan menangkap 3 pemimpin kelompok pejuang ini.

Kataeb Hizbullah Ialah bagian elemen Pasukan relawan besar Irak al-Hashd al-Shaabi yang Disokong full oleh Iran dalam perang melawan kelompok teroris ISIS dan Pasukan Amerika Serikat (AS).

Diadukan bahwa Pasukan AS yang terdiri dari 40 kendaraan, dan unit Pasukan kontra-teroris Irak, telah menutup markas Brigade ke-45 Kataeb Hizbullah di daerah Al-Buathiha, sebelah tenggara Baghdad, Jumat (26/6/2020).

Pejabat pemerintah Irak menerangkan ke Reuters bahwa Pasukan keamanan telah menyita misil dan menangkap 3 pemimpin Kataeb Hizbullah, yang dituduh AS Ada di balik serbuan misil di pangkalan yang menampung Pasukan AS dan bermacam Fasilitas lain di Irak.

Beberapa media lokal mengabarkan operasi itu berujung penangkapan 13 orang “yang bekerja di bengkel pembuatan misil”.

READ  Pertamina Bentuk 5 Subholding - Aspiratif News

Pada 23 Desember 2019, AS melancarkan serbuan besar-besaran untuk posisi-posisi Kataeb Hizbullah di wilayah Anbar timur sampai mematikan dan melukai puluhan anggota kelompok ini.

Washington merilis serbuan ini dilancarkan sebagai reaksi atas serbuan roket yang mematikan sejumlah kontraktor angkatan bersenjata AS.

Baca: Al-Nujaba: Topik Senjata ialah Urusan Internal Irak, AS Jangan Intervensi

sekretaris jendral kelompok pejuang Asaib Ahl al-Haq, Qais al-Khazali, mengkritik keras penggerebakan dan penangkapan itu dan menyebutnya sebagai usaha AS  merongrong al-Hashd al-Shaabi.

Dalam Tanya Jawab dengan saluran al-Ahed dia menerangkan bahwa penangkapan itu dikerjakan tanpa ada surat perintah dari pengadilan, dan cuma berbekal petunjuk langsung dari Perdana Menteri Mustafa al-Kadhimi .

“Sebelum al-Kadhimi tidak ada satupun pejabat Irak punya nyali menyerbu faksi-faksi pejuang. Perdana Menteri sebaiknya tidak mencoba berkonfrontasi dengan al-Hashd al-Shaabi, sebab mereka merepresentasikan rakyat,” ujar al-Khazali.

Dia juga memastikan tidak ada 1 faksi pejuang menyerbu lembaga pemerintahan Irak di wilayah al-Khadra, Baghdad, yang kerap memperoleh serbuan roket dengan sasaran Kedutaan Besar AS.

READ  Ulama Aceh Imbau Ummat untuk Sementara Tidak Gelar Kenduri Quran - Aspiratif News

Sembari merilis bahwa pemerintahan Al-Kadhimi bersifat sementara dan lebih ditugaskan untuk menyelenggarakan Pemilihan Umum parlemen lebih cepat,  Al-Khazali Memperingatkan, “Tidak seorangpun dapat mencegah para pejuang dari perjuangan mereka untuk Menyuruh berangkat Pasukan AS dari Irak jika Pasukan ini ogah keluar melalui jalur damai.” (mm/amn/alalam)


Tegang, serdadu Irak Bareng serdadu AS Tangkap 3 Publik figur Kataeb Hizbullah – Aspiratif News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *