Tertutupnya-Terusan-Suez-Bikin-Pentagon-Khawatir-Iran-Tawarkan-Jalur-Pengganti.jpg

Tertutupnya Terusan Suez Bikin Pentagon Khawatir, Iran Tawarkan Jalur Pengganti

Diposting pada

Washington, Warta Batavia-Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon) telah mengumumkan bahwa penutupan Terusan Suez akan mempengaruhi aktivitas militer-kelautan Paman Sam.

“Kami tidak dapat berbicara tentang dampak insiden ini terhadap operasi khusus. Terusan Suez merupakan titik laut yang vital. “Penutupan jangka panjang rute ini akan berdampak besar pada transportasi militer dan non-militer,” juru bicara Terusan Suez, Angkatan Laut Amerika Serikat, seperti dilansir Hill.

Dia mengklaim Angkatan Laut AS memiliki kemampuan untuk mengurangi dampak ini. Namun, dia tidak menjelaskan lebih detail.

Menurut juru bicara Pentagon, mengganti Terusan Suez dengan rute lain akan membuat Angkatan Laut AS lebih mahal. Perubahan ini jelas juga akan meningkatkan kekhawatiran keamanan yang dihadapi Angkatan Laut AS.

Di sisi lain, duta besar Iran untuk Rusia, Kazem Jalali di pos tiga bahasa menanggapi penutupan Terusan Suez dengan menyatakan bahwa koridor multifungsi besar yang disebut International North-South Transport Corridor (INSTC) adalah alternatif yang baik untuk kursus. di air, yang selain lebih cepat, juga lebih murah.

Baca Juga :  Pemerintahan Biden Nyatakan akan Bekerjasama dengan Sekutu AS Soal Iran

Di halaman Facebook-nya, Jalali menyebut INSTC sebagai pengganti ideal untuk Terusan Suez, karena dapat mengurangi durasi perjalanan hingga 20 hari dan biaya perjalanan hingga 30%. Koridor ini membentang dari Bombay di India barat hingga Moskow melalui Iran dan Laut Kaspia.

Duta Besar Iran mengisyaratkan insiden terbaru di Terusan Suez, yang menimbulkan kerugian $ 9 miliar sehari pada ekonomi dunia. Menurut Jalali, kejadian ini menunjukkan bahwa penyelesaian infrastruktur INSTC sangat dibutuhkan, karena urgensi untuk mengganti Terusan Suez lebih terasa dari sebelumnya. (af / alalam)

Baca juga:

Upaya mengembangkan kapal raksasa yang kandas di Terusan Suez dikatakan telah membuat kemajuan yang signifikan

Iran-China bekerja sama, upaya Washington untuk mengisolasi Teheran telah gagal

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *