Korlap-696x392.jpg
Berita

Terungkap! Korlap Aksi 1812, Rizal Kobar Adalah Dewan Pakar Saracen, Penyebar Isu Kebencian, SARA dan Hoax

Terungkap! Korlap Aksi 1812, Rizal Kobar Adalah Dewan Pakar Saracen, Penyebar Isu Kebencian, SARA dan Hoax

Rizal Kobar (Ari Saputra/detikcom)

Aksi 1812 yang digelar di sekitar Istana Merdeka, Jakarta Pusat (Jakpus) dibubarkan oleh aparat kepolisian. Diketahui, Koordinator lapangan aksi 1812 tersebut adalah Rizal Kobar.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan hal tersebut merupakan langkah untuk mencegah terjadinya potensi penyebaran virus Corona di masyarakat dari aksi tersebut. Dia menyebut Kapolda Metro secara terbuka siap menampung aspirasi dari perwakilan massa aksi 1812.

Dikutip dari detik.com, Nama Rizal Kobar pertama kali muncul saat ramai kasus Saracen pada tiga tahun silam. Dia adalah dewan pakar Saracen, komplotan penyebar ujaran kebencian atau isu kebencian terkait SARA dan hoax. Namun Rizal pernah mengaku bahwa dia masuk struktur Saracen.

Baca:Bravo! Bubarkan Massa 1812, Kapolda Metro: Keselamatan Rakyat Hukum Tertinggi

Bahkan, selain isu Saracen, Rizal pernah dijatuhi hukuman penjara 6 bulan 15 hari pada 5 Juni 2017. Mereka terbukti bersalah melakukan ujaran kebencian sebagaimana diatur di Pasal 28 ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE. Rizal mengaku tidak menyesal memasang konten yang dinilai mengandung ujaran kebencian di media sosial saat itu.

Baca Juga :  Mengantisipasi Serangan Balik Islam Politik

Rizal saat itu menjadi terdakwa ujaran kebencian bersama Jamran. Keduanya menyebarkan informasi secara berulang dan menyebabkan kebencian kepada masyarakat berdasarkan SARA. Terdakwa memfokuskan penyebaran ujaran kebencian di posting-an akun Twitter keduanya, yaitu @BacotIwan, dengan objek yang sama, yaitu Ahok (Basuki T Purnama).

Nama Rizal Kobar juga ada dalam daftar 10 orang yang ditangkap polisi pada 2 Desember 2016. Pada saat itu, mereka ditangkap karena dianggap melakukan upaya makar atau menggulingkan pemerintahan yang sah. Selain Rizal Kobar, ada nama Ahmad Dhani, Kivlan Zen, Rachmawati Soekarnoputri, Ratna Sarumpaet, Sri Bintang Pamungkas, hingga Jamran.

(Warta Batavia)

Terungkap! Korlap Aksi 1812, Rizal Kobar Adalah Dewan Pakar Saracen, Penyebar Isu Kebencian, SARA dan Hoax

link sumber

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *