Connect with us

Otomotif

Tiga Mobil Toyota Dikembalikan oleh Industri Filipina, Cek Kesalahannya

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com – Toyota Avanza, Veloz dan Raize di Filipina di-recall. Departemen Perdagangan dan Perindustrian Filipina mengumumkan program recall terhadap ketiga mobil Toyota tersebut.

Dikutip media lokal Filipina, Autoindustriya dan dan CarGuide.ph, recall ini tidak terkait dengan keselamatan, melainkan bagian dari kampanye kepuasan pelanggan. Ada kendala pada sistem rem yang membuat kampas rem mengalami keausan dini.

Dalam pengumuman yang diunggah Departemen Perdagangan dan Perindustrian Region 12 Filipina di akun media sosialnya, ketiga mobil Toyota tersebut harus diperbaiki bagian sistem pengereman. Komponen slide pin boot pada kaliper rem ditemukan masalah.

“Karena adanya kesalahan perakitan pada jalur perakitan kaliper rem, alat perakitan mengganggu slide pin boots pada saat perakitan, sehingga menyebabkan kerusakan pada boots. Jika air masuk ke dalam slide pin boots dan menyebabkan karat, hal ini dapat menyebabkan keausan dini pada kampas rem,” demikian dikutip dari unggahan Departemen Perdagangan dan Perindustrian Region 12 Filipina, Selasa (16/1/2024).

Advertisement

Toyota akan mengganti brake cylinder slide depan. Jika diperlukan, juga akan dilakukan penggantian brake cylinder mounting. Penggantian ini gratis.

Sebanyak 10.975 unit mobil Toyota terdampak dalam recall ini. Berikut rinciannya:

• Raize periode produksi 12 September-7 Desember 2022: 4.345 unit
• Avanza periode produksi 12 September-11 Desember 2022: 3.119 unit
• Veloz periode produksi 12 September-13 Desember 2022: 3.511 unit.

Sementara itu, beberapa unit Toyota Avanza dan Veloz juga di-recall di Filipina karena masalah pada side impact beam. Ditemukan kesalahan pengelasan pada bagian side impact beam. Unit yang terdampak recall side impact beam ini antara lain Avanza periode produksi 3 November-24 November 2022 sebanyak 1.285 unit dan Veloz periode produksi 3 November-24 November 2022 sebanyak 1.471 unit.

See also  Luyuan Bersama Davigo Hadirkan Sepeda Motor Listrik di Indonesia

“Karena kondisi pengelasan yang tidak tepat pada side impact beam di dalam pintu depan kanan, ada kemungkinan kekuatan pengelasan tidak mencukupi saat terjadi benturan samping, dan dalam kasus terburuk, kinerjanya mungkin tidak sesuai dengan yang direncanakan, yang dapat menyebabkan cedera berlebihan pada penumpang kendaraan,” tulisnya.

Advertisement

Pada masalah ini, Toyota akan memasang braket penguat dan pengelasan tambahan akan ditambahkan pada titik las yang rusak pada side impact beam. Sekali lagi, program recall ini gratis tanpa dipungut biaya.

Source: Detikcom

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *