Connect with us

Sport

Timnas Indonesia Gugur di 16 Besar, Erick Thohir Optimis Masa Depan Akan Lebih Baik

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com – Timnas Indonesia gagal ke perempat final Piala Asia usai kalah 0-4 dari Australia di Stadion Jassim Bin Hamad, Qatar, pada Minggu (28/1). Langkah ‘Garuda’ terhenti di babak 16 besar.

Namun dalam pandangan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, banyak pembelajaran yang diperoleh untuk meningkatkan kualitas timnas senior di masa depan. Ia berharap di Piala Asia berikutnya Timnas Indonesia bisa lebih baik.

“Artinya, tim yang mayoritas berusia muda ini telah melakoni 4 laga dengan lawan-lawan yang punya kualitas di atas. Ada pengalaman yang diperoleh, ada mental yang levelnya seharusnya naik karena melawan tim kuat seperti Jepang, Irak, dan Australia. Ini modal baik. Ibaratnya, jika kali ini 16 besar, dan itu sudah sejarah, berikutnya harus lebih tinggi,” ujar Erick dalam keterangan resmi.

“Di luar soal skor, saya nilai pemain sudah maksimal, ingin berikan yang terbaik, tampil lepas, semangat, dan tidak takut. Artinya, dari segi materi pemain, inilah timnas terbaik kita. Tapi kita butuh lebih untuk penyempurnaan taktik dan strategi agar tim ini makin berprestasi,” lanjut Erick.

Advertisement

Erick Thohir optimistis terhadap masa depan tim karena Indonesia tercatat menjadi tim termuda di Piala Asia kali ini. Pemain tertua pada skuad Timnas Indonesia saat ini adalah Jordi Amat yang berusia 31 tahun. Sementara pemain termuda adalah Marselino Ferdinan yang berusia 19 tahun 2 bulan.

Berdasarkan data Transfermarkt, rata-rata usia pemain yang membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 adalah 22,5 tahun per 9 Januari 2024. Posisinya diikuti Vietnam lantaran dengan rata-rata pemain berusia 23,3 tahun, Jepang dengan 23,7 tahun, lalu Uzbekistan dengan usia pemain mayoritas 23,9 tahun.

See also  MotoGP Mandalika 2023 Sukses, Indonesia Siap Kembangkan Olahraga Balap

“Modal usia muda dengan tambahan pengalaman di Piala Asia ini seharusnya menjadi suatu yang lebih besar prestasinya di Piala Asia mendatang,” terang Erick.

“Saya berharap, kekalahan dari Australia tidak perlu diratapi. Masih ada target prestasi yang harus ditunjukkan bagi pemain dan juga pelatih. Saya percaya Timnas U-23 bisa masuk, 8 besar,” pungkasnya.

Source: kumparan
Dok: Tribunnews

Advertisement

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *