tinjau-prekaman-e-ktp-suku-anak-dalam-mensos-sempat-kesulitan-komunikasi-TCRjQAzxbK.jpg

Tinjau Prekaman E-KTP Suku Anak Dalam, Mensos Sempat Kesulitan Komunikasi

Diposting pada

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengikuti langsung pendaftaran anak-anak suku di (SAD) di Markas Desa Jelutih, Batin XXIV, Kabupaten Batanghari, Jambi, Rabu (10/3/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Sosial menyaksikan pendaftaran e-KTP warga SAD yang bernama Batinggang. Tak hanya itu, ada dialog singkat antara Mensos dengan masyarakat rimba.

“Siapa namanya?” Kata Rismaharini. Sementara itu, pria rimba yang masih belum lancar berbahasa Indonesia itu tak menanggapi.

Namun dengan bantuan Agus, registrar dan supervisor e-KTP menjawab “Batinggang”.

“Sudah menikah,” tanya Mensos lagi. Namun Batinggang menanggapinya dengan menggelengkan kepalanya.

Sementara itu, Rudi Syaf, Direktur KKI Warsi, sebuah organisasi yang memberikan pendampingan kepada masyarakat yang tinggal di dalam dan sekitar hutan, mengatakan pada tahap pertama pencatatan ini, ditargetkan 414 KK Orang Rimba dengan total hampir 2.000 jiwa yang akan mendapat bantuan. menerima kartu keluarga dan identitas.

Ia menambahkan, untuk Kantor Desa Limbur Tembesi, terdapat 66 KK Orang Rimba di Kecamatan Batin Delapan, serta 81 KK di kantor Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo.

Baca Juga :  Teologi Syahid Rijikers, Sayyid Qutb, dan Bahayanya

“Kami mengapresiasi langkah pemerintah mendaftarkan Orang Rimba dalam sistem ketatanegaraan, ini sangat penting bagi Orang Rimba,” kata Rudi.

Secara terpisah, seorang SAD bernama Ngelembu sangat berterima kasih atas adanya program e-KTP. “Terima kasih Menteri. Semoga bermanfaat,” ucapnya singkat. [okezone.com]

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *