Connect with us

Hiburan

Tips Liburan Ke Singapura Ala Wisatawan Yusron

Published

on

SINGAPURA, ASPIRATIF.com – Punya panorama lanskap kota modern, Singapura menjadi favorit wisatawan Indonesia. Tertarik ke sini? Berikut tips liburan ke Singapura.

Singapura relatif dekat dengan Indonesia. Walau begitu, Singapura dinilai memiliki banyak poin wisata berbeda.

Salah satu wisatawan RI yang baru kembali dari liburan ke Singapura, Yusron, membagikan tips liburannya

Berikut ini beberapa tips yang ia bagikan:

Advertisement

1. Mendapatkan akomodasi affordable
Menemukan akomodasi terbaik dengan harga affordable, ia menyarankan untuk para traveler jangan malas mencari dan browsing di internet. Traveler dapat mempertimbangkan penginapan yang berada di tengah kota atau di pinggir kota, karena menginap di pinggir kota juga sudah bukan menjadi masalah karena fasilitas transportasi yang sudah apik.

“Lokasi-lokasi yang affordable dan bagus nggak selalu ada di pusat kota, tapi kadang ada di daerah-daerah pinggiran kota gitu. Cuma karena transportasi Singapura juga sudah enak, jadi meski agak jauh dari pusat kota bisa sekalian jalan-jalan dan eksplor,” ujarnya.

2. Weekday adalah waktu terbaik berkunjung
Ron, panggilan akrabnya, menyarankan berkunjung ke Singapura paling enak di weekday. Hal tersebut karena kondisi Singapura yang tidak terlalu ramai di hari kerja membuat tempat ini asyik untuk dijelajahi.

“Tempat-tempat makan juga nggak akan seramai biasanya, kecuali di jam-jam makan siang kali ya,” ujar Ron.

3. Kenakan pakaian santai tapi perhatikan kulitmu
Singapura dikenal dengan cuacanya yang cukup terik dan panas. Ron menyarankan untuk liburan ke sini paling pas dengan mengenakan setelan santai, yakni baju dan celana pendek.

Advertisement

Menggunakan setelan pendek, ia tetap mengingatkan untuk traveler memperhatikan kulit dengan menggunakan sunscreen.

“Tapi, harus pakai sunscreen biar nggak gosong!” ujarnya.

See also  Mahfud MD Bentuk Satgas Untuk Tindaklanjuti Transaksi Janggal Rp 189 T

4. Manfaatkan brosur bandara dan cari wisata gratis
Wisata dengan asyik tapi tetap hemat budget adalah keinginan banyak orang. Ia memiliki cara tersendiri yang ia lakukan untuk mengeksplor Singapura tapi di sisi lain tetap berhemat.

“Banyak lokasi-lokasi yang bisa dikunjungi dengan gratis untuk sekadar foto-foto. Manfaatkan brosur-brosur yang ada di bandara waktu landing atau di situs resmi pariwisata singapura buat cari tahu mana tempat yang gratis dan mana tempat yang berbayar,” dia menyarankan.

5. Wisata jalan kaki juga seru
Singapura terkenal memiliki teknologi dan fasilitas modern, meliputi transportasi publik seperti bus dan MRT. Namun ia lebih menyarankan untuk traveler menjajal berwisata sambil berjalan kaki di sini. Hal itu juga yang ia lakukan selama liburannya.

Advertisement

Ia menyebut berwisata dengan berjalan kaki di Singapura juga menarik walaupun naik bus dan MRT sangat nyaman. Karena, beberapa spot wisata tengah kota di Singapura berdekatan dan dapat diakses dengan berjalan kaki.

“Lokasi yang ada di pusat kita kayak Marina Bay Sands-Esplanade-Clarke Quay atau Bugis-Masjid Sultan-Haji Lane gitu sebenarnya nggak terlalu jauh satu sama lain. Jadi daripada boros di transport, mending jalan kaki aja karena sepanjang jalan juga pasti banyak yang dilihat dan jadi makin bisa eksplor tempat-tempat yang mungkin nggak masuk ke list itinerary tapi justru menarik,” ujar Ron.

6. Eksplor Changi Airport
Bagi traveler yang berkunjung ke Singapura, tak ada salahnya untuk santai sejenak mengeksplorasi segala sisi bandara kebanggan mereka, Changi Airport. Hal tersebut karena Changi Airport merupakan salah satu bandara terbaik di Dunia.

Bahkan bandara ini telah dinobatkan sebanyak dua belas kali sebagai Bandara Terbaik Dunia versi Skytrax World Airport Awards. Tak hanya itu, Singapore Changi Airport juga meraih penghargaan lainnya, termasuk Restoran Bandara Terbaik Dunia, Bandara dengan Fasilitas Kenyamanan Terbaik, dan Bandara Terbaik di Asia.

See also  Konten Kreator Atta Halilintar Sebut Niat Ibadah Kurban Untuk Kebaikan Anak Dan Istrinya

“Sediakan waktu lebih banyak untuk eksplor Changi Airport dan JEWEL buat first timer. Karena biasanya meski tempat ini bakal selalu dilewati, tapi sering terlewatkan. Jadi sebelum keluar dari airport mending langsung eksplor dulu di dalamnya karena Bandara Changi ini banyak banget yang bisa dilihat juga,” katanya.

Advertisement

7. Bagi yang ingin hemat, hindari tempat fancy
Definisi hemat bagi setiap orang memang berbeda-beda, namun bagi traveler yang benar-benar ingin mengirit bujet liburannya, ada baiknya traveler menghindari makan atau menginap di tempat fancy.

Memilih makanan yang terjangkau, traveler dapat coba makan di tempat seperti foodcourt ataupun rumah makan khas melayu maupun India. Karena, makanan di tempat-tempat tersebut dinilai lebih murah dari restoran.

“Gue juga bukan tipe yang makannya harus fancy atau gimana. Makanan di sana kalau standar mal-mal foodcourt gitu biasanya 10-15 dolar udah kenyang plus minum sih. Kalau makan di ‘warteg’ Melayu atau India gitu malah lebih murah. Sekali makan standar mungkin 1 orang minimal 10 dollar kali ya untuk meals,” ujarnya.

Selain itu, perihal air minum juga ternyata bisa membuat boncos jika tidak diatur dengan baik strateginya.

“Ngemil sama minuman-minuman atau kopi gitu biasanya lebih mahal. Kalau tinggal di hostel, bawa botol minum sendiri aja jadi bisa refill terus setiap pulang dan nggak harus beli air mineral. Kalau beli air mineral jangan merek Indonesia biar nggak bete karena harganya mahal,” kata Ron.

Advertisement

Source: detiktravel
Dok : Okezone

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *