Connect with us

Hiburan

Tips Menghemat Uang Saat Traveling

Published

on

PANDEGLANG, ASPIRATIF.com – Traveling merupakan hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Dengan traveling, rasa penat dan jenuh akibat rutinitas atau tekanan pekerjaan menjadi hilang dan pikiran menjadi segar kembali. Sayangnya, biaya perjalanan yang lumayan besar seringkali menjadi kendala bagi sebagian orang.

Tapi jangan khawatir, tips-tips berikut ini dapat dipraktekkan untuk menghemat uang saat traveling. Liburan pun dapat lebih nikmat tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Pilih Tanggal Liburan yang Tepat

Pertimbangkan untuk bepergian di luar musim liburan atau di waktu-waktu yang kurang populer. Tiket pesawat dan akomodasi biasanya lebih murah saat tidak ada lonjakan kunjungan. Selain itu, hindari liburan di akhir pekan atau saat festival yang dapat membuat harga melambung tinggi.

Advertisement

Pesan Tiket Pesawat dan Akomodasi Lebih Awal

Manfaatkan promosi tiket pesawat dan hotel dengan memesannya jauh-jauh hari. Biasanya, harga tiket pesawat dan hotel akan lebih murah jika dipesan sebelumnya. Dengan menggunakan Airpaz, Anda dapat mencari dan membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai maskapai, serta memesan akomodasi dengan harga yang terjangkau.

Gunakan Transportasi Umum atau Berjalan Kaki

Selama liburan, coba manfaatkan transportasi umum seperti bus atau kereta api lokal. Selain lebih murah, Anda juga bisa merasakan pengalaman lokal yang lebih autentik. Pilihan lainnya adalah berjalan kaki mendatangi berbagai destinasi wisata. Selain lebih menghemat biaya, juga bisa lebih leluasa menikmati pemandangan di sekitar Anda dari jarak dekat.

Cari Makanan Lokal dan Jauhi Tempat Wisata Mahal

Advertisement

Cicipi makanan lokal di warung atau restoran yang lebih terjangkau daripada tempat wisata yang populer dan mahal. Selain itu, hindari makan di restoran yang berlokasi di sekitar objek wisata utama, karena harga disana biasanya lebih tinggi. Jika memungkinkan, memasak sendiri di akomodasi yang Anda tempati bisa menjadi pilihan tepat.

See also  Cara Jitu Staycation Gratis di Hotel Berbintang

Manfaatkan Aplikasi Pencari Promo dan Diskon

Gunakan aplikasi pencari promo dan diskon seperti Airpaz untuk menemukan penawaran tiket pesawat dan hotel. Di sana Anda juga dapat menemukan berbagai pilihan tiket pesawat dengan harga yang kompetitif.

Pilih Destinasi yang Ramah Anggaran

Pilih destinasi wisata yang sesuai dengan anggaran Anda. Ada banyak tempat menarik di Indonesia dan di luar negeri yang tidak menguras kantong. Misalnya, berlibur ke pantai-pantai di Indonesia seperti Pantai Parangtritis di Yogyakarta, Pantai Tanjung Bira di Sulawesi Selatan, atau Pulau Nusa Penida di Bali. Destinasi-destinasi ini menawarkan keindahan alam yang spektakuler tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Advertisement

Bawa Persediaan Konsumsi dari Rumah

Untuk menghemat uang di perjalanan, bawa beberapa persediaan makanan dan minuman dari rumah. Misalnya, biskuit, makanan ringan, atau air minum dalam botol. Hal ini dapat membantu Anda mengatasi rasa lapar dan haus tanpa harus membeli makanan atau minuman yang mahal di tempat-tempat wisata.

Gunakan Kartu Diskon atau Keanggotaan

Manfaatkan kartu diskon atau keanggotaan seperti kartu pelajar, kartu mahasiswa, atau kartu keanggotaan lainnya yang dapat memberikan Anda potongan harga di tempat-tempat wisata atau fasilitas umum. Beberapa destinasi wisata bahkan menawarkan harga khusus untuk warga lokal atau penduduk setempat.

Jelajahi Wisata Gratis atau Berbayar Murah

Advertisement

Selama liburan, jelajahi objek wisata yang gratis atau berbayar murah. Ada banyak tempat menarik yang dapat Anda kunjungi tanpa harus mengeluarkan biaya besar. Misalnya, taman-taman kota, pasar tradisional, atau tempat-tempat bersejarah yang bisa diakses dengan harga terjangkau.

Belanja dengan Bijak

Jika Anda ingin berbelanja suvenir atau oleh-oleh, berbelanjalah dengan bijak. Bandingkan harga di beberapa toko atau pasar sebelum memutuskan untuk membeli. Selain itu, pertimbangkan untuk membeli produk lokal atau kerajinan tangan yang dibuat oleh penduduk setempat, karena seringkali lebih terjangkau dan mendukung perekonomian lokal.

See also  Ternyata Alshad Sudah Pernah Menikah, Ini Kronologinya!

Liburan tidak harus menguras isi kantong jika Anda menerapkan tips-tips hemat di atas.

Source: tempo.co

Advertisement

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *