Toleransi-Menjaga-Bangsa-dari-Bahaya-Paham-Radikal.jpg

Toleransi Menjaga Bangsa dari Bahaya Radikalisme

Diposting pada

Toleransi Menjaga Bangsa dari Bahaya Paham Radikal

Radikalisme dan terorisme sangat tidak menghargai keberagaman dan perbedaan seperti yang ada dalam kebangsaan kita yang terdiri dari berbagai suku, ras, dan agama. Karena itu perlu diupayakan penjagaan bangsa agar tidak terpecah-pecah akibat pengaruh radikalisme dan terorisme.

Toleransi di kalangan masyarakat, khususnya generasi muda akan menjaga keutuhan bangsa Indonesia dari pengaruh ajaran radikalisme. Juga wawasan keagamaan yang moderat dan menanamkan nilai-nilai keagamaan yang bersifat terbuka akan bisa mencegah provokasi dan hasutan dari propaganda paham radikalisme.

Untuk menjaga bangsa dari bahaya radikalisme sangat penting ditanamkan dalam diri para pemuda akan nilai-nilai nasionalisme dan kecintaan terhadap NKRI. Hal ini guna mencegah provokasi yang dapat menimbulkan tindakan radikal di kalangan pemuda.

Kalau di dalam masyarakat tumbuh subur paham radikalisme dan terorisme, niscaya kehancuran hanya tinggal tunggu waktunya.

Karena itu, jelaslah rasa aman yang tercipta oleh sikap toleransi membuat kita tidak merasa khawatir ada serangan bom misalnya. Kita punya kewajiban untuk sama-sama menjaga keamanan dan menjaga ketertiban dengan mengembangkan sikap toleran.

Baca Juga :  Omnibus Law UU Cipta Kerja, Ada 11 Keuntungan Bagi Pekerja Indonesia

Islam mengajarkan umatnya untuk selalu menciptakan rasa aman bagi dirinya sendiri, orang lain maupun lingkungan sekitarnya. Keberadaan umat muslim di manapun harus bisa menjadi rahmat bagi semesta alam, termasuk menciptakan rasa aman.

Di sinilah pentingnya wawasan keagamaan yang moderat, toleransi dan semangat nasionalisme akan menguatkan negara dari pengaruh buruk dunia luar yang bisa meluluhlantakkan jati diri bangsa.

Marilah kita tingkatkan rasa toleransi atas keberagaman dengan membawa rahmat kepada seluruh manusia. Mari kita saling bertoleransi demi menjaga kerukunan bangsa Indonesia.

Toleransi Menjaga Bangsa dari Bahaya Paham Radikal

Toleransi Menjaga Bangsa dari Bahaya Radikalisme

Toleransi Menjaga Bangsa dari Bahaya Radikalisme

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *