Connect with us

Otomotif

Toyota Raja Otomotif Dunia, Kalahkan Volkswagen

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com – Toyota lagi-lagi mengukuhkan posisinya sebagai raja otomotif dunia. Pabrikan mobil asal Jepang itu kembali mengalahkan Volkswagen (VW) dalam angka penjualan.

Toyota mencatatkan rekor penjualan mobil pada tahun 2023. Sepanjang tahun lalu, Toyota menjual total 11 juta unit secara global.

“Pada tahun 2023 (Januari hingga Desember), penjualan dan produksi global mencapai rekor. Pada bulan Desember 2023, produksi dan penjualan global mencapai rekor tertinggi pada bulan Desember karena permintaan yang kuat di setiap wilayah, selain berkurangnya kekurangan semikonduktor di setiap wilayah,” tulis Toyota dalam siaran persnya, Selasa (30/1/2024).

Dalam laporan terbaru yang dirilis Toyota Motor Corporation, Toyota Group total menjual kendaraan sebanyak 11.233.039 unit sepanjang Januari sampai Desember 2023. Angka penjualan Toyota itu naik hingga 7,2 persen dibanding tahun sebelumnya.

Advertisement

Ini juga menjadi rekor baru bagi Toyota yang telah menjual kendaraan di atas 11 juta unit. Tahun-tahun sebelumnya, Toyota hanya bisa menjual 9 juta sampai 10 juta unit kendaraan.

Untuk diketahui, penjualan 11 juta unit itu merupakan penjualan total seluruh merek di bawah naungan Toyota Group. Jika dirinci penjualan merek Toyota (termasuk Lexus) sebanyak 10.307.395 unit. Lalu Daihatsu membukukan penjualan sebanyak 790.441 unit. Dan Hino mencatatkan penjualan sebanyak 135.203 unit.

Saingan berat Toyota Group adalah Volkswagen AG yang membawahi beberapa merek seperti Volkswagen, Skoda, Seat, Audi, Lamborghini, Bentley, Porsche, dan beberapa merek kendaraan komersial. Tahun 2023, VW AG mencatatkan penjualan sebanyak 9,24 juta unit. VW mencatatkan kenaikan penjualan 12 persen pada tahun lalu. Namun, angka penjualan itu belum bisa melampaui torehan Toyota Group pada 2023.

Source: Detikcom
Dok: plazatoyota

See also  FIFA Tetapkan Piala Dunia 2026 Diikuti 48 Tim

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *