Connect with us

Bisnis

UMKM Binaan BI Gorontalo Memperluas Promosi Hingga Ke Negara ASEAN

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com -Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo menggelar Digitalization of Gorontalo for National/International Market (Diagonal) 2023, yang merupakan pembelajaran tentang bagaimana memasarkan produk secara digital.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan juga dilakukan oleh KPw BI Gorontalo bersama Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskumperidag) Provinsi Gorontalo dan memperluas produk UMKM binaan hingga ke negara-negara ASEAN.

Deputi Kepala KPw BI Gorontalo, Ridwan Nurjamal di Gorontalo, Ahad, mengatakan perluasan pemasaran dilakukan dengan memanfaatkan promosi digital.

“Dengan adanya promosi digital melalui berbagai kanal yang ada hingga e-commerce, sangat membantu,” ucap Ridwan.

Advertisement

Ia menjelaskan, jika sebelumnya produk UMKM masih dipasarkan secara konvensional dengan membuka toko atau lapak, saat ini BI mendorong agar pelaku usaha memanfaatkan promosi digital yang ada.

“Dengan berbagai upaya baik promosi digital, kerja sama dan pameran, banyak permintaan di Asia dan bisa ekspor produk UMKM,” kata Ridwan.

Menurutnya, hingga saat ini penjualan produk UMKM ke negara-negara Asia masih didominasi oleh komoditas olahan pangan dan kain sulam Karawo.

“Untuk kain sulam Karawo, sudah masuk juga ke platform digital, bahkan penjualan di Malaysia merupakan efek dari penggunaan promosi digital dan kerja sama dengan KBRI dan kantor perwakilan di Singapura,” ungkap dia.

Advertisement
See also  Adanya Dugaan Kasus Korupsi Dapen BUMN, Erick Thohir Akan Melaporkannya
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *