Upacara-HUT-RI-ke-75-di-KBRI-Moskow-Diikuti-Warga-Rusia.jpg

Upacara HUT RI ke-75 di KBRI Moskow Diikuti Penduduk Rusia

Diposting pada

Upacara HUT RI ke-75 di KBRI Moskow Diikuti Penduduk Rusia

Jakarta – Dengan tema Indonesia Maju, Upacara warning HUT kemerdekaan RI ke-75 diadakan di KBRI Moskow, Rusia. Upacara diikuti semua staf KBRI Moskow, baik staf WNI maupun WNA penduduk Rusia.

Wakil Duta Besar RI Azis Nurwahyudi, yang juga selaku Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Moskow bertindak selaku pemimpin upacara dan Kolonel Laut (S) Ariyan Dilli Louhenapessy selaku komandan upacara. Pengurus Dharma Perempuan Persatuan (DWP) KBRI Moskow juga Ikut jadi peserta upacara.

Dalam upacara ditunaikan pembacaan teks proklamasi kemerdekaan RI, dan pengibaran bendera Merah Putih. Pengibaran ini ditunaikan oleh 3 orang pelajar Indonesia di Rusia, yaitu Luthfi Adhitama, Angeline Putri Louhenapessy, dan Arya Khalistama.

penyelenggaraan upacara juga ditunaikan sesuai arahan dari Istana Negara RI, dan memperhatikan protokol kesehatan di Rusia. Menurut Azis Nurwahyudi, peserta upacara tahun sekarang amat terbatas, cuma staf KBRI Moskow.

Masarakat Indonesia di Rusia dan Belarus telah diimbau sebelumnya, untuk ikut upacara warning ini secara daring di tempat masing-masing melalui media sosial KBRI Moskow.

Baca Juga :  Di Tengah Hiruk-pikuk Deklarasi KAMI, Empat Terduga Teroris Ditangkap di Bekasi

“penyelenggaraan warning tahun sekarang tak sama dari tahun sebelumnya sebab dalam situasi pandemi COVID-19. Tidak ada acara temu warga dan panggung hiburan bareng,” ucap Azis Nurwahyudi.

Sementara itu, Elizaveta Vedutova, bagian staf KBRI Moskow berkewarganegaraan Rusia, menyampaikan kebanggaannya ikut upacara. Elizaveta diketahui sudah 16 tahun bekerja di KBRI Moskow dan senantiasa ikut upacara warning HUT Kemerdekaan RI.

“Dirgahayu Republik Indonesia,” kata Elizaveta.

Cuaca di Moskow yang cerah kisaran 20 derajat Celcius, menyokong penyelenggaraan upacara. Setelah upacara dilanjutkan dengan acara keruk tumpeng dan pembagian hadiah bermacam festifal.

Untuk menyemarakan HUT kemerdekaan RI ke-75 tahun sekarang, KBRI Moskow sudah menyelenggarakan beberapa festifal secara langsung di KBRI Moskow yang diikuti oleh semua staf di lingkungan KBRI Moskow. Festifal tersebut ialah gaple, joged Poco-Poco, catur, tenis meja, bola voli dan festifal hiburan lainnya.

Sementara itu, KBRI Moskow juga adakan festifal secara daring bagi warga Indonesia di Rusia dan Belarus, yaitu festifal vlog bertema nasionalisme dan Indonesia maju, serta festifal foto ikut upacara 17 Agustus secara daring. (ra/aspiratif/detiknews.com)

Baca Juga :  Pura-pura Tolak Terorisme, Teroris Wina Kelabui Program Deradikalisasi

Upacara HUT RI ke-75 di KBRI Moskow Diikuti Penduduk Rusia

Upacara HUT RI ke-75 di KBRI Moskow Diikuti Penduduk Rusia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *