[Video] Jet Perang AS Dekati Pesawat Penumpang Iran di Langit Suriah, Sejumlah Orang Cedera – Aspiratif News

[Video] Jet Perang AS Dekati Pesawat Penumpang Iran di Langit Suriah, Sejumlah Orang Cedera - Warta Batavia
Views: 1440
Read Time:2 Minute, 11 Second

[Video] Jet Perang AS Dekati Pesawat Penumpang Iran di Langit Suriah, Sejumlah Orang Cedera – Aspiratif News

blankBeirut, Aspiratif News –  Sejumlah orang menderita cedera akibat ulah 2 jet perang Amerika Serikat (AS) yang mendekati sebuah pesawat penumpang Iran di wilayah udara Suriah, Kamis (23/7/2020).

Laporan awal menyebutkan bahwa 2 jet perang Israel mendekati pesawat Mahan Air yang tengah menempuh rute Tehran-Beirut di atas langit Suriah, sehingga pilotnya terpaksa melakukan tindakan beresiko dengan merubah arah dan ketinggian secara tiba-tiba untuk menghindari tabrakan. Akibatnya, beberapa orang cedera.

Media Barat dan Israel, termasuk Reuters dan Jerusalem Post, mengabarkan bahwa 2 jet perang pengusik itu milik Israel, tetapi angkatan bersenjata Israel membantahnya. Adapun kapten Mahan Air dengan nomor penerbangan 1152 sendiri Menyatakan bahwa pilot ke-2 jet perang itu dalam kontak radio mengakui sebagai pilot angkatan bersenjata AS.

Sebuah video yang diposting oleh seorang reporter TV milik pemerintah Iran yang kebetulan juga ada di dalam pesawat itu dari jendela memperlihatkan sebuah jet perang F-15 dan komentar seorang penumpang yang berdarah di bagian wajahnya.

READ  Felix Sokong Istri TNI yang Nyinyir ke Wiranto

Dalam Tanya Jawab seterusnya dari Beirut, reporter itu menerangkan 3 penumpang cedera akibat “tindakan sengaja jet perang AS”.

Kantor berita Suriah, SANA, mengabarkan insiden itu terjadi di zona udara Suriah di wilayah “lintasan tapal batas Al-Tanf dengan Irak”.  Di wilayah itu AS mempunyai pangkalan Utama yang Disokong oleh pangkalan udara Ein Al-Assad, Irak barat, yang berjarak  120 km.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Abbas Mousavi menerangkan bahwa Duta Besar Iran untuk PBB Majid Takht-Ravanchi telah mengabarkan insiden tersebut ke sekretaris jendral PBB Antonio Guterres.

Mousavi juga Memperingatkan, “Jikalau ada insiden pada  pesawat ini dalam perjalanan pulang maka Republik Islam Iran akan menganggap AS bertanggung jawab.” Dia menambahkan bahwa pesan sedemikian telah dikirim ke duta besar Swiss untuk Iran selaku  penjaga kepentingan AS di Iran.

Pihak Mahan Air Menyatakan bahwa beberapa penumpang yang cedera akibat insiden itu telah dibawa ke RS di Beirut, Libanon, sementara penumpang yang lain juga telah dievakuasi.

READ  Kerja Petani dan Penyuluh Bawa Kabupaten Bone Surplus Beras - Aspiratif News

Laporan teranyar menyebutkan bahwa pesawat penumpang Iran itu sudah kembali ke Iran dengan melintasi rute yang sama pada Kamis malam. (mm/fna)

Baca juga:

Eks Dirjen MOSSAD: Israel Tidak Sanggup Cegah Iran Jadi Negara Nuklir

Putra Nasrallah Mencuit, prajurit Zionis Israel Israel Tangguhkan Latihan Perang


[Video] Jet Perang AS Dekati Pesawat Penumpang Iran di Langit Suriah, Sejumlah Orang Cedera – Aspiratif News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *