Wahid Foundation Ungkap Ormas Paling Sering Langgar Kebebasan Beragama

Wahid Foundation Soal Ormas Paling Sering Langgar Kebebasan Beragama

Diposting pada
Read Time:1 Minute, 29 Second

Wahid Foundation Ungkap Ormas FUI, FPI, dan MUI Paling Sering Melanggar Kebebasan Beragama

Wahid Foundation, sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Jakarta mengungkapkan bahwa ormas Forum Umat Islam (FUI), Front Pembela Islam (FPI) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) merupakan tiga aktor nonnegara di Indonesia yang paling sering melanggar kebebasan beragama warga Indonesia.

Hal itu seperti diungkapkan Mujtaba Hamdi, Direktur Eksekutif Wahid Foundation. Dia menyebutkan FPI melakukan 153 kali pelanggaran KBB. Pelanggaran yang dilakukan FPI biasanya bersifat tindakan langsung.

“Seperti razia, sweeping, penyegelan, intimidasi, dan lain-lain,” kata Hamdi seperti dilansir dari Suara.com, Senin (7/9/2020).

Kemudian MUI juga masuk ke dalam ormas keagamaan yang sering melakukan pelanggaran terkait KBB. Pelanggaran yang dimaksud itu seperti membuat pernyataan atau fatwa sesat. Kurang lebih ada 150 tindakan MUI yang dianggap masuk ke dalam pelanggaran.

Sementara FUI berada di urutan ketiga daftar ormas keagamaan yang paling banyak melakukan pelanggaran, dengan 40 tindakan.

“FUI melakukan pembubaran kegiatan, penolakan rumah ibadah, dan sejenisnya,” ujarnya.

Sementara itu, ada tiga kelompok agama yang paling sering menjadi korban teratas ialah jemaah Ahmadiyah Indonesia, umat Muslim Syiah dan kelompok Gafatar.

“Selama satu dekade itu yang pertama jemaah Ahmadiyah Indonesia, ini mengalami 188 tindakan pelanggaran yang dilakukan oleh aktor non-negara kemudian 166 tindakan yang dilakukan aktor negara,” ujar Hamdi.

Posisi kedua ditempati oleh kelompok penganut Syiah. Setidaknya kelompok tersebut mendapatkan tindakan tidak menyenangkan sebanyak 80 kali dari aktor non negara dan 34 kali dari aktor negara.

Sementara untuk posisi ketiga diduduki oleh kelompok Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar). Kelompok yang namanya ramai diperbincangkan pada 2016 tersebut juga mengalami perlakukan tidak menyenangkan sebanyak 20 kali dari non-negara dan 30 dari aktor negara.

Baca Juga :   Pancasila Thogut? Pancasila Adalah Manifestasi Risalah yang Dibawa Rasulullah SAW

Sumber: https://www.suara.com/news/2020/09/07/225559/fui-fpi-dan-mui-ormas-paling-sering-melanggar-kebebasan-beragama?page=all

Gambar Gravatar
Dengan semnat cinta sesama, kami menyampaikan aspirasi masyarakat terkait semua peristiwa, ide-ide, ajakan, himbauan, keluh kesah, seruan kebaikan, info penting terkait apapun dan berbagi berita terkini.

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *