Waktu Pandemi, Distribusi Daging Kurban Mesti Merata dan Pas Sasaran – Aspiratif News

Views: 16
Read Time:1 Minute, 58 Second

Waktu Pandemi, Distribusi Daging Kurban Mesti Merata dan Pas Sasaran – Aspiratif News

Jombang, Aspiratif News

Ketua Pengurus Cabang (PC) Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) Kabupaten Jombang, Jawa Timur Moh Makmun berkeinginan pada Kesempatan Emas Idul Qurban ini, daging kurban yang biasanya diberikan untuk warga kurang sanggup di kisaran tempat penyembelihan mesti lebih luas cakupannya sampai ke daerah-daerah pinggiran atau pelosok.

 

Hal ini mempertimbangkan situasi pandemi Covid-19 yang berdampak untuk stabilitas ekonomi sejumlah warga di bermacam daerah. Banyak di antara mereka diketahui kehilangan pekerjaan, bahkan sebagian kerepotan untuk sekadar mencukupi kebutuhan pokok tiap-tiap harinya.

 

Karena itu, menurutnya Kesempatan Emas Idul Kurban tahun sekarang khususnya dalam penyembelihan dan pendistribusian daging kurban mesti memperhatikan warga-warga yang terdampak Covid-19. Yang paling tampak dampaknya mereka yang kebanyakan Ada di wilayah pinggiran.

 

“Kita menyokong mulai dari penyembelihan haewan kurban sampai pada pembagian daging kurban tahun sekarang agar disebar ke daerah-daerah pinggiran, mengingat dampak Covid-19 amat dinikmati masarakat di daerah pinggiran,” katanya, Senin (22/6).

READ  Indonesia Waktu Ini Sudah Miliki Sembilan Warisan Dunia

 

Oleh karenanya, LTMNU Jombang akan cepat mempublish surat edaran dan panduan bagi ummat Islam di Jombang terkait tata cara kurban yang efektif di masa pandemi termasuk pendistribusian dagingnya.

 

Waktu ini, lanjutnya, panduan tersebut masih dalam proses penyusunan khususnya terkait beberapa poin penting dari surat edaran yang mesti disempurnakan. Dipastikan beberapa hari sebelum Pelaksanaan kurban, surat edaran itu sudah sampai untuk masarakat melalui takmir masjid dan mushala.

 

“Kemarin sudah koordinasi dengan PCNU dan ketua-ketua MWCNU dalam perjumpaan konsolidasi untuk membahas soal panduan ini. Sudah ada Tekad bulat tinggal kita susun ulang sebelum lalu diedarkan,” ucapnya.

 

Di samping itu, yang juga cukup urgen diperhatikan ialah format penyembelihan haewan kurban. Untuk menghindari kerumunan warga dan penumpukan daging kurban, petugas dalam hal ini panitia kurban Penting membagi dan menentukan titik-titik yang jadi tempat penyembelihan kurban.

 

Jikalau sebelumnya penyembelihan haewan kurban biasanya Dilaksanakan cuma terpusat di tempat-tempat tertentu di kisaran masjid dan mushala, kali ini mesti disebar ke titik yang lebih luas. Sehingga di samping anjuran pemerintah agar di masa pandemi menghindari kerumunan massa ditunaikan, juga pendistribusian daging untuk masarakat lebih mudah.

READ  KH Zainul Arifin dan Muktamar Ke-13 NU di Menes - Aspiratif News

 

Makmun juga meminta agar pembagian daging kurban langsung diantar petugas ke masing-masing rumah warga. Jangan ditunaikan di tempat pemotongan haewan kurban untuk menghindari dari penumpukan massa.

 

Pewarta: Syamsul Arifin

Editor: Muhammad Faizin

Waktu Pandemi, Distribusi Daging Kurban Mesti Merata dan Pas Sasaran – Aspiratif News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *