menkes-budi-gunadi-sadikin-dan-wamenkes-dante-saksono-harbuwono-3_169.jpeg

Wamenkes: Vaksin AstraZeneca Masih Aman Digunakan

Diposting pada

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Laksono mengakui ada laporan infeksi akibat penggunaan vaksin AstraZeneca dari sejumlah negara. Namun, kata dia, angka itu hanya 30 dari 5 juta suntikan.

“Ada laporan peningkatan pembekuan darah dengan kejadian infeksi di beberapa negara atau 30 dari 5 juta suntikan,” kata Dante kepada Lampung, Senin (22/3/2021).

Meski begitu, kata Dante, angka imunitas darah terus meningkat. Hormati tanpa vaksinasi.

“Tapi kalaupun 5 juta suntikan itu, kalau diukur dengan peningkatan kekebalan darah, malah lebih kecil tanpa vaksinasi,” ujarnya.

Dante mengatakan, merujuk pada studi WHO dan European Medicines Revision Agency (EMA), tidak ada hubungan antara peningkatan pembekuan darah dan aktivitas vaksinasi. Untuk itu, menurutnya vaksin AstraZeneca masih aman digunakan.

“Kemudian ada bukti dari WHO, dan dalam EMA European PMS Agency tidak ada hubungan antara peningkatan pembekuan darah dan kegiatan vaksinasi, vaksin AstraZeneca masih aman digunakan sesuai keputusan WHO,” ujarnya.

Selain itu, Dante mengatakan vaksin AstraZeneca akan habis masa berlakunya dalam dua bulan ke depan. Vaksin akan didistribusikan mulai hari ini.

Baca Juga :  Geledah 3 Lokasi Milik Penyuap Edhy Prabowo, KPK Temukan Dokumen Aliran Suap

“Adapun tanggal kedaluwarsa 31 Mei 2021 sudah diterapkan hingga saat ini dan akan kami gunakan di beberapa daerah,” ujarnya.

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *