Connect with us

News

WAW! Tim Peneliti AS Berhasil Temukan Alat Pemulihan Depresi

Published

on

LOS ANGELES, ASPIRATIF.com – Tim peneliti Amerika Serikat (AS) berhasil mengidentifikasi sebuah pola aktivitas otak atau biomarker yang berkaitan dengan tanda-tanda klinis pemulihan dari depresi yang resistan terhadap pengobatan menggunakan perangkat stimulasi otak dalam (deep brain stimulation/DBS) baru, demikian menurut pernyataan yang dirilis oleh Institut Kesehatan Nasional (National Institutes of Health/NIH) AS pada Rabu (20/9).

Temuan studi tersebut merupakan langkah penting menuju penggunaan data otak untuk memahami respons pasien terhadap pengobatan DBS, menurut penelitian itu.

Studi skala kecil tersebut melibatkan sejumlah orang dewasa penderita depresi yang resistan terhadap pengobatan, yang seluruhnya menjalani terapi DBS selama enam bulan.

Tim peneliti menggunakan perangkat kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk menganalisis data otak yang dikumpulkan dari pasien dan mengamati ciri khas aktivitas otak atau biomarker umum yang berkorelasi dengan laporan pasien yang merasakan gejala depresi atau stabil saat melewati masa pemulihan.

Advertisement

Para pasien merespons terapi DBS dengan baik. Setelah enam bulan, 90 persen dari mereka menunjukkan kondisi yang jauh lebih baik dalam hal gejala depresi, dan 70 persen sudah pulih atau tidak lagi mengalami depresi, menurut studi itu.

“Biomarker ini mengindikasikan bahwa sinyal otak dapat digunakan untuk membantu memahami respons pasien terhadap pengobatan DBS dan menyesuaikan pengobatan berdasarkan respons itu,” ujar Joshua A. Gordon, Direktur Institut Kesehatan Mental Nasional NIH. “Temuan ini menandai kemajuan besar dalam mengimplementasikan terapi dalam praktik.”

Source: antaranews
Dok: Pengunjung berbaris untuk mencoba sistem penilaian depresi bertenaga AI di stan Rumah Sakit Anding Beijing selama Pameran Perdagangan Jasa Internasional Tiongkok (CIFTIS) 2023 di Taman Shougang di Beijing, ibu kota Tiongkok, 3 September 2023.(Xinhua /Li Xin)

See also  Bahasa Indonesia Mata Pelajaran Wajib di Jenjang SD Australia

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *