Connect with us

Hiburan

Wisata Gunung di Indonesia Lebih dari 400, Kamu Pernah Mengunjungi Salah Satunya?

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com- Indonesia dianugerahi kekayaan alam yang melimpah, termasuk gunung-gunung yang jumlahnya lebih dari 400 buah. Potensi wisata gunung dinilai besar sekali.

Deputi Bidang Produk dan Penyelenggaraan Event Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu, menyebut potensi wisata gunung di Indonesia besar sekali. Indonesia sendiri punya ratusan gunung yang bisa didaki.

“Indonesia punya 400-an gunung. Ini merupakan potensi yang luar biasa, supaya kita kembangkan dan majukan, sehingga bisa memberikan dampak signifikan kepada masyarakat sekitar,” ujar Vinsen dalam acara Indonesia Mountain Tourism Conference (IMTC) 2023 di Hotel Santika Premiere Hayam Wuruk, Jakarta, Rabu (27/9/2023).

Menurut data dari Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI), ada kurang lebih 3 juta pendaki gunung domestik di Indonesia. Adapun turis asing kurang lebih 150 ribu yang mendaki gunung di Indonesia.

Advertisement

“Data yang kami miliki dari APGI, tahun 2020 itu ada sekitar 150 ribu wisatawan asing yang mendaki gunung. Bahkan, untuk yang domestiknya ada di 3 juta. Itu angka yang besar sekali, sangat signfikan dan perlu perhatian khusus,” kata Vinsen.

Ketika ditanya soal potensi ekonomi dari wisata gunung, Vinsen pun menyebut angka yang cukup fantastis, mencapai 15O juta dollar.

“Secara value tadi saya lihat data yang ada itu US$ 150 juta (setara Rp 2,3 Triliun), keseluruhan ya, wisman dan wisnus. Kita punya 400 gunung, kita punya 7 summit, tentu ini dari sisi pariwisata memberikan devisa yang luar biasa,” ujar Vinsen.

Rahman Mukhlis, Ketua APGI membenarkan data yang disampaikan Vinsen. Setelah pandemi usai, tren pendakian gunung sudah hampir kembali seperti normal.

“Itu angka terakhir yang kami teliti di 2020, kalau tahun ini belum kita prediksi karena wisata gunung kan baru menanjak kembali setelah pandemi. Sekarang sudah hampir stabil seperti sebelum pandemi,” kata Rahman.

Advertisement

Source: Detikcom
Foto: Suverlive.id

See also  Jokowi dan Keluarga Dilaporkan ke KPK

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *