menag-gandeng-kpk-cegah-potensi-korupsi-5_16928129.jpeg

Zaskia Kritik Bangunkan Sahur Teriak di Toa, Menag: Wajar Merasa Terganggu

Diposting pada
Menteri Agama bekerja sama dengan Kpk untuk mencegah potensi korupsi 5169% 2B% 25 281% 2529 Kritik Zaskia membangunkan Sahur berteriak kepada Toa, menteri agama: Wajar jika merasa terganggu

Seniman Zaskia Adya Mecca memprotes bagaimana cara membangunkan makan dengan berteriak melalui masjid Toa. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menilai wajar jika Zaskia diganggu. Ia lalu menyinggung pembacaan doa terlarang tersebut untuk meninggikan suaranya agar tidak mengganggu orang lain.

“Kalau Zaskia repot, wajar saja,” kata Gus Yaqut, panggilan akrabnya, kepada detikcom, Jumat (23/4/2021).

“Orang yang shalat sendirian tidak bisa menyalakan bacaan doanya yang bisa mengganggu orang lain yang sedang shalat, apalagi berteriak membangunkan orang seperti itu. Bagaimana jika seseorang di dekatnya sedang berdoa? Dia melanjutkan.

Gus Yaqut mengatakan akan lebih baik jika takmir masjid memutuskan bagaimana membangunkan warga untuk sahur di daerah sekitarnya. Karena tidak semua orang berpuasa. Dia meminta agar ibadah bertoleransi.

“Sebenarnya takmir masjid dan lingkungan sekitarnya akan berselisih, mana yang jauh lebih baik. Sampai sejauh mana kita bisa membangun makan dengan niat baik agar tidak mengganggu warga. Kenapa tidak? Semuanya juga. Muslim terpaksa. puasa di bulan Ramadhan, jadi tidak perlu bangun saat ini. Sahur. Pada dasarnya setiap orang harus mentolerirnya, ”ujarnya.

Baca Juga :  Netizen Beri Julukan 4L, Begini Reaksi Menko Luhut

Selain itu, kata Gus Yaqut, ada syarat penggunaan speaker masjid yang diatur dalam petunjuk Dirjen Pembina Umat Islam. Di antara mereka ada orang-orang yang terampil dan memiliki suara yang fasih atau sumbang.

“Sebenarnya ada instruksi dari Dirjen Pembina Umat Islam Nomor 101 Tahun 1978 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musholla yaitu orang yang ahli dan bukan orang yang bereksperimen. Atau masih belajar , pembicara harus fasih, suara yang tidak sumbang, ”katanya.

Sebelumnya, dalam video yang diunggah ke Instagram yang terlihat pada Jumat (23/4/2021), Zaskia Adya Mecca meminta sang model untuk bangun sahur dengan meneriaki masjid Toa. Bingung kalau cara ini disebut hit alias trend.

“Saya hanya ingin bertanya, bangun model ini lagi. Kata HITS?! Jadi secara etis, Anda tidak menggunakan masjid untuk membangun model ini ?? Juga, kita tinggal di Indonesia yang agamanya juga berbeda-beda .. Benarkah begitu? Ganggu orang lain. Jangan praktek shaur ?! ”tulis Zaskia Adya Mecca. [detik.com]

Baca Juga :  Tel Aviv Desak PBB untuk Menindak Iran

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *