Connect with us

Otomotif

UNITED E-MOTOR Umumkan Secara Resmi Tiga Motor Listrik Mendapatkan TKDN

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com – UNITED E-MOTOR atau motor listrik asal Indonesia secara resmi mengumumkan tiga motor listrik besutannya mengantongi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) tertinggi saat ini di Indonesia.

Melansir antaranews. Ada pun ketiga motor tersebut ialah T1800, TX1800, dan TX3000 yang saat ini sudah dipasarkan kepada masyarakat.

“Peningkatan TKDN ini menjadi sebuah keunggulan bagi kami sebagai produsen. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat umum, namun sebagai penyedia motor listrik untuk kebutuhan di pemerintahan maupun korporasi lainnya,” kata Direktur PT Terang Dunia Internusa Andrew Mulyadi dalam siaran persnya, Rabu.

Mengacu pada situs web TKDN Kementerian Perindustrian atas nama PT Terang Dunia Internusa untuk motor listrik T1800 memiliki TKDN hingga 56.89 persen, lalu TX1800 memiliki TKDN 57,02 persen, dan TX3000 dengan TKDN 57,19 persen.

Advertisement

Menurut Andrew dalam capaian TKDN tersebut ikut dipengaruhi dengan hadirnya fasilitas pengecatan dan pengelasan yang mengambil porsi cukup besar dalam produk UNITED E-MOTOR.

“Proses yang cukup panjang telah dilalui dan mampu membuahkan hasil signifikan. Fasilitas welding (pengelasan) dan painting (pengecatan) pada proses manufaktur yang ada turut memberi kontribusi dalam peningkatan TKDN tersebut,” ujar Andrew.

Capaian TKDN UNITED E-MOTOR itu sejalan dengan syarat insentif program pengembangan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Indonesia.

Karena ketiganya telah memiliki TKDN di atas 40 persen maka masyarakat yang membeli motor listrik tersebut bisa mendapatkan subsidi Rp7 juta.

Adapun penerima manfaat insentif pembelian motor listrik itu di antaranya pelaku UMKM penerima KUR (Kredit Usaha Rakyat), penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), penerima bantuan subsidi upah, serta penerima subsidi listrik.

Advertisement

Andrew pun optimistis dengan nilai TKDN tinggi yang diraih UNITED E-MOTOR, maka masyarakat bisa semakin percaya dan mengadopsi penggunaan kendaraan ramah lingkungan tersebut.

See also  UI Jalin Kolaborasi Dengan Honda Di Bidang Edukasi Dan Riset Teknologi Elektrifikasi

Dok: Ilustrasi motor listrik (foto:ist)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *