Connect with us

News

Menteri PPN Tegaskan Pemerintah Tetapkan Aturan Mendapatkan Hak Atas Tanah di IKN

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com – Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyebut tak ingin Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur bernasib sama seperti Brasilia, ibu kota dari Brasil. Sebagai informasi, Brasilia menggantikan Rio de Janeiro sebagai ibu kota Brasil sejak 1960.

Suharso menegaskan tak ingin melihat masyarakat tinggal di luar delineasi IKN. Oleh karena itu pemerintah menetapkan aturan terkait perolehan hak atas tanah di IKN.

“Di kawasan IKN yang kita khawatirkan, ke depan terkait dengan soal hak milik atas tanah itu kalau tidak ditetapkan, atau dimudahkan untuk bagaimana tata cara protokol perolehannya, IKN mungkin akan sama nasibnya dengan Brasilia. Di mana publik atau masyarakat akan lebih cenderung tinggal di luar delineasi kota IKN,” katanya dalam rapat Panja Perubahan RUU tentang IKN dengan Komisi II DPR RI di Senayan, Jakarta Pusat, Senin (18/9/2023).

Oleh karena itu pemerintah mengatur hal tersebut agar lebih mudah. Hal tersebut diharapkan bisa menarik minat masyarakat untuk tinggal di IKN.

Advertisement

“Nah kita sekarang ingin membuat itu menjadi lebih mudah di dalam IKN. Itu daya tarik membuat itu lebih atraktif orang tinggal di IKN,” jelasnya.

Sementara itu, BBC pernah melaporkan Brasilia memiliki beberapa persoalan. Kota ini disebut sulit untuk ditinggali.

Sejumlah kelompok harus menepi ke kota pinggiran karena tingginya kesenjangan ekonomi. Masyarakat harus tinggal di kota-kota pinggiran atau kawasan kumuh, sementara kawasan kota banyak dihuni oleh orang-orang kaya.

Source: Detikcom
Dok: anatarnews

Advertisement
See also  Daftar Wakil Indonesia di Laga Spain Masters 2023
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *